Pria Jepang Ciptakan Robot Raksasa

Kompas.com - 29/11/2012, 16:02 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Saat masih kanak-kanak, Kogoro Kurata banyak menyaksikan film-film animasi bertemakan robot. Sama seperti anak-anak lain, Kogoro juga bermimpi bisa mengendalikan robot seperti di dalam film-film animasi itu. Bedanya, Kogoro kemudian mewujudkan mimpinya itu.

Robot karya Kogoro Kurata ini berbentuk hewan raksasa seberat empat ton setinggi empat meter. Robot ini dilengkapi "cockpit" dan pengendali lengan yang memungkinkan sang pengendara menggerakkan lengan-lengan robot. Robot itu bisa bergerak dengan kecepatan 10 km per jam.

"Robot-robot yang kami lihat dulu selalu besar dan selalu ada pengendaranya. Saya kira robot-robot seperti itu tak banyak berarti di dunia nyata," kata seniman berusia 39 tahun itu.

"Tapi ini adalah mimpi saya. Saya bermimpi bisa mengendarai robot. Dan saya kira ini adalah bagian dari budaya Jepang. Saya selalu berpikir menciptakan robot adalah yang harus dilakukan orang Jepang," ujarnya.

Prototipe robot ini dilengkapi dengan sistem operasional yang memungkinkan pengendali jarak jauh dan kendali dari iPhone. Robot ini juga dilengkapi "senjata" yang bisa menembakkan botol plastik.

Robot yang membutuhkan dua tahun dalam pembangunannya ini, dihargai tidak murah. Kogoro menghargai robotnya ini 1,3 juta dolar atau sekitar Rp 12,5 miliar untuk model standar.

Kogoro mengklaim dia sudah menerima ribuan pertanyaan terkait pembelian robot. Dia juga menerima banyak pembatalan pesanan. Namun, bagi dia semua ini tidak penting.

"Saya berharap ada orang lain yang bisa menciptakan lebih baik dari yang sudah saya lakukan," kata dia.

"Mereka nantinya bisa menciptakan sebuah komunitas robot yang bahkan saya sendiri tak bisa membayangkannya. Saya harap ada dampak dari pembuatan robot ini," Kogoro berharap.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X