Kompas.com - 27/11/2012, 17:42 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com - The National Zoo di Washington D.C., Amerika Serikat, berduka atas matinya Soyono, harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) betina. Dalam usia 19 tahun, Soyono terpaksa disuntik mati setelah mengalami penurunan kualitas kesehatan, pertengahan November 2012.

Menurut petugas di The National Zoo, Soyono sudah menunjukkan masalah kesehatan sejak bulan lalu. Harimau cantik ini berjalan perlahan, seperti mengalami masalah dengan keseimbangan tubuhnya. Diperkirakan, Soyono menderita spondylosis -masalah di tulang belakang yang biasa terjadi pada kucing besar seusianya.

Meski mendapat perawatan, jelas terlihat jika kesehatan dan kualitas hidup Soyono mulai menurun. "Soyono bukanlah harimau yang (sudah) takluk," tulis salah satu petugas The National Zoo dalam posting daring.

Soyono diketahui lahir di kebun binatang ini pada 14 Juni 1993 dan melahirkan tujuh anak. Ketujuh keturunan Soyono kemudian dikirimkan ke kebun binatang lain untuk membantu pelestariannya. Sedangkan Rokan, pasangan Soyono, sudah lebih dulu mati di tahun 2010. Juga di usia 19 tahun -angka yang jarang diraih harimau di alam liar.

"Terkadang dia (Soyono) bisa bekerja sama dengan kami dan menampilkan apa yang kami mau. Dengan demikian dia bisa menolak melakukan hal yang sama lagi. Itulah alasannya mengapa kucing betina dewasa disebut ratu," tulis sang petugas yang tak disebutkan namanya. Saat ini, The National Zoo masih memiliki dua harimau sumatra lain. Yakni Kavi (jantan) dan betina muda, Damai. (Zika Zakiya/National Geographic Indonesia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.