Kompas.com - 27/11/2012, 16:26 WIB
|
Editoryunan

SERPONG, KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA punya target mendarat di asteroid dan Mars pada tahun 2025. Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) juga punya target dalam jangka waktu tersebut.

"LAPAN punya target bisa meluncurkan satelit sendiri," kata Bambang Tejasukmana, Kepala LAPAN, Selasa (27/11/2012).

Bambang mengatakan, selama ini, Indonesia selalu menluncurkan satelitnya di negara lain seperti di India dan Rusia. Tahun 2025, diharapkan Indonesia mandiri dalam peluncuran satelit.

"Peluncuran satelit ini adalah tahap awal. Setelah itu baru lunar program (misi ke Bulan), Mars dan yang lebih jauh," jelas Bambang usai seminar "Menyongsong 50 Tahun Kedirgantaaraan Nasional" yang diadakan di Puspiptek Serpong hari ini.

Untuk mendukung target tersebut, LAPAN akan membangun bandar antariksa di Morotai. Wilayah ini strategis sebab terletak di dekat Samudera Pasifik, belum terlalu padat dan dianggap punya risiko sosial yang kecil.

"Saya yakin ini pasti bisa," cetus Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.