Pilot Tertidur Saat Menerbangkan Pesawat?

Kompas.com - 21/11/2012, 16:43 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Fakta mengejutkan berdasarkan sebuah survei yang dilakukan kepada pilot asal Inggris, Norwegia, dan Swedia. Survei tersebut menyebutkan bahwa empat dari sepuluh pilot Inggris mengaku mereka pernah ketiduran saat berada di belakang kokpit pesawat terbang.

Antara 43 persen sampai 54 persen dari pilot asal Inggris, Norwegia, dan Swedia yang menjadi responden survei tersebut mengatakan mereka tak sengaja tertidur saat sedang menerbangkan pesawat terbang. Sepertiganya bahkan mengaku mereka terbangun dan menemukan kopilot mereka pun juga tertidur.

Sekitar 6.000 pilot dari delapan negara disurvei untuk tingkat kelelahan oleh European Cockpit Association (ECA). Lebih dari tiga dari lima pilot dari Swedia, Norwegia, dan Denmark dilaporkan membuat kesalahan akibat kelelahan. Sementara di Jerman, data sama menunjukan empat dari lima pilot.

Sekitar 70 sampai 80 persen dari pilot yang kelelahan tidak berani mengatakan diri mereka dalam kondisi tidak fit untuk terbang. Alasan di balik tindakan mereka ini adalah karena takut dipandang negatif oleh pegawai lainnya atau takut terkena tindakan disipliner.

ECA menyebutkan penelitian tersebut memaparkan bahwa kelelahan di antara pilot sebagai "sesuatu  yang biasa terjadi, berbahaya, dan fenomena yang tak dilaporkan di Eropa".

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X