Kompas.com - 20/11/2012, 03:54 WIB
EditorA. Wisnubrata

KAMPALA - Hasil dari konservasi ekstrem dan kerja sama dengan masyarakat lokal, jumlah gorila gunung di Uganda meningkat 30 persen dari 302 ekor tahun 2006 menjadi 400 ekor tahun lalu. Total jumlah gorila gunung di daratan Afrika 880 ekor pada sensus 2011.

Gorila merupakan salah satu spesies yang terancam punah. Hampir separuh jumlah gorila gunung (Gorilla beringei beringei) di dunia hidup di Uganda. Gorila gunung lainnya berada di Kongo dan Rwanda.

Kelompok konservasi Gorila Doctors mengatakan, peningkatan populasi gorila di Bwindi Impenetrable National Park itu antara lain hasil metode konservasi ekstrem. ”Gorila gunung satu-satunya monyet besar yang bertambah jumlahnya,” ujar Mike Cranfield dari Gorila Doctors. ”Pertambahan itu hasil konservasi intensif, kolaborasi berbagai kelompok dan pemerintah.”

Selain tertutup sama sekali bagi perburuan, ada juga pengawasan harian oleh jagawana. Pemerintah Uganda juga bermitra dengan komunitas lokal.

Sebagian pendapatan dari konservasi digunakan untuk proyekproyek yang mengubah para pemburu liar menjadi penjaga gorila secara persuasif. ”Meningkatnya populasi gorila gunung di Bwindi Impenetrable National Park ini bukti keberhasilan kebijakan manajemen sumber daya di kawasan lindung,” ujar Menteri Pariwisata Uganda Ephraim Kamuntu, Jumat (16/11/2012), di Kampala.

”Hasil ini menegaskan bahwa upaya konservasi Uganda telah terbayar,” katanya.

Gorila kini menjadi sumber daya pariwisata dan andalan untuk pendapatan Uganda saat ini. Taman nasional itu ditetapkan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai warisan dunia.

Untuk mengamati gorila gunung dikenakan biaya 500 dollar AS (Rp 4.750.000 kurs 1 dollar Rp 9.500). Seekor gorila diperkirakan memberi pendapatan 1 juta dollar (sekitar Rp 9,5 miliar) per tahun untuk Uganda. (AP/ISW)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.