Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2012, 10:04 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Selama ini jika kita akan melakukan pemeriksaan kolesterol kita diwajibkan berpuasa minimal 10 jam sebelumnya. Namun menurut studi terbaru, sebenarnya puasa tidak diperlukan.

Dalam studi yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine itu disebutkan, kadar kolesterol tidak berbeda banyak antara orang yang melakukan puasa sebelumnya dengan yang tidak berpuasa.

Dalam penelitian ini, tim peneliti melihat hasil tes kolesterol di sebuah laboratorium selama 6 bulan di tahun 2011. Karena laboratorium itu melakukan pemeriksaan untuk seluruh kota Calgary, Kanada, jumlah tes yang dianalisa mencapai lebih dari 200.000 orang. Dokter juga mencatat berapa lama pasien berpuasa.

Ketika hasil tes kolesterol dikelompokkan berdasarkan waktu puasa, mereka hanya melihat sedikit perbedaan. Secara umum, total kolesterol dan kadar kolesterol baik (HDL) punya perbedaan sekitar 2 persen tergantung pada lamanya puasa. Total kolesterol dan HDL sangat penting karena ini adalah pengukuran utama dalam memprediksi faktor risiko seseorang terhadap penyakit jantung.

Sementara itu, kadar kolesterol jahat (LDL) perbedaannya kurang dari 10 persen pada orang yang sudah makan beberapa jam sebelum tes dengan orang yang berpuasa 8 jam.

Trigliserida atau lemak darah sangat sensitif pada makanan. Angkanya bervariasi sampai 20 persen antara mereka yang berpuasa dengan yang tidak.

Meski begitu penelitian tersebut memiliki keterbatasan karena tidak menunjukkan perbedaan hasil tes kolesterol secara individu.

Lagipula perbedaan hasil tes itu, meski sedikit, tetap berpengaruh pada seseorang yang mengonsumsi obat penurun kolesterol. Pada pasien itu puasa tetap diperlukan.

"Untuk skrining rutin kami menilai perbedaan 2 persen tidak terlalu signifikan," kata Christopher Naugler, ketua departemen patologi klinik dari Universitas Calgary, Kanada.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+