Ikan "Bodyguard" Lindungi Karang dari Kerusakan

Kompas.com - 13/11/2012, 14:06 WIB
|
Editoryunan

GEORGIA, KOMPAS.com - Ternyata tidak hanya orang penting saja yang punya pengawal pribadi (bodyguard), karang pun demikian.

Penelitian terbaru mengungkap bahwa ketika jenis karang tertentu punya pengawal yang akan melindunginya dari serangan rumput laut. Saat akan diserang, karang tersebut akan mengirimkan sinyal kimia untuk memanggil pengawal untuk menyelamatkannya.

Ilmuwan melakukan eksperimen dengan menaruh karang jenis Arcopora nasuta di dekat rumput laut Choloroesmis fastigiata yang punya senyawa kimia beracun bagi karang. Dalam eksperimen tersebut, ilmuwan juga menggunakan jenis ikan gobi.

Penelitian mengungkap, saat koral akan diserang, ikan gobi bergerak cepat untuk menggigit rumput laut pembunuh.

"Ikan kecil ini akan memotong rumput laut sehingga tak menyentuh karang. Ini terjadi sangat cepat, yang menjadi bukti bahwa ini sangat penting bagi ikan maupun karang. Karang melepaskan senyawa kimia dan ikan meresponnya dengan cepat," kata Mark Hay, biolog dari Georgia Institute of Technology, yang terlibat riset.

Observasi menunjukkan, adanya ikan gobi akan mengurangi kerusakan karang akibat rumput laut hingga 80 persen.

Menguraikan bagaimana penyelamatan karang bisa terjadi, Hay mengatakan, "Ada sinyal atau bau yang menari dan membuat semua ini terjadi. Ikan telah berevolusi untuk memahami isyarat bau yang dilepaskan oleh karang dan mereka dengan cepat membereskan masalah."

Bagi gobi, perlindungan karang sangat penting. Dengan melindungi karang, gobi melindungi  diri dari kekurangan pangan.

"Karang mendapatkan pengawal dengan bertukar sejumlah kecil makanan. Ini semacam membayar pajak untuk mendapatkan perlindungan polisi." tambah Hay seperti dikutip Livescience, Kamis (8/11/2012).

Hasil studi ini dipublikasikan di jurnal Science minggu lalu.