Kompas.com - 08/11/2012, 08:46 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Tim peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di Moss Landing, California, menemukan spesies baru spons yeng berbentuk seperti harpa atau kecapi. Spesies ditemukan di lepas pantai California dan dinamai Chondrocladia lyra.

Dalam penelitian, im yang dipimpin oleh Dr Lonny Lundsten ini mengoleksi dua spesimen spons harpa dan merekam sepuluh individu lainnya yang dijumpai. Spesimen awalnya tampak cuma punya dua organ baling-baling, tapi penyelaman menunjukkan bahwa spesies itu punya hingga enam organ serupa.

Dilaporkan Daily Mail, Selasa (6/11/2012), lain dari spons biasanya yang merupakan pemakan bakteri atau material organik di dasar laut, spons harpa masuk golongan karnivora atau pemakan daging.

Spesies ini punya cirik khas pada kakinya. Bagian kaki memiliki semacam pengait yang berguna untuk menangkap Crustacea sebelum membungkusnya dengan membran tipis dan mencernanya perlahan sebagai mangsa.

Spons harpa diperkirakan hidup di kedalaman 3,3 - 3,5 km. Menurut para ilmuwan, spesies ini berevolusi untuk memiliki organ serupa baling-baling sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas untuk menangkap mangsa.

Dalam publikasinya di jurnal Invertebrate Biology, tim MBARI mengatakan, "C. lyra adalah salah satu contoh mengagumkan tentang adaotasi hewan aagar bisa tetap eksis di lingkungan yang penuh dengan kompetisi."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.