Kompas.com - 05/11/2012, 18:41 WIB
|
Editoryunan

SAO PAULO, KOMPAS.com - Ilmuwan berhasil mengidentifikasi sembilan spesies baru tarantula lewat penelitian di wilayah tengah dan timur Brasil. Tarantula yang ditemukan dikenal sebagai tarantula pemanjat pohon.

Tarantula pemanjat pohon, dikenal pula dengan tarantula arboreal, punya bantalan pada kakinya sehingga mempermudah pergerakan di permukaan pohon ataupun daun yang halus.

"Bila sebelumnya terdapat tujuh spesies tarantula di wilayah tersebut, kita sekarang memiliki 16 spesies," kata Rogerio Bertani, peneliti dari Instituto Butantan di Brasil seperti dikutip Livescience, Selasa (30/10/2012).

Spesies yang ditemukan diantaranya merupakan anggota genus tua dan tergolong pada jenis tarantula yang sangat pilih-pilih dalam makanan dan tempat tinggal. Ada empat spesies baru yang berasal dari genus itu.

"Dalam genus yang diteliti (Typhochlaena), semula  beranggotakan spesies tunggal yang dikenal sejak 1841, kami kini memiliki 5 spesies. Tarantula-tarantula itu adalah tarantula arboreal paling kecil di dunia. Analisis menunjukkan bahwa genus itu sangat tua,"jelas Bertani.

Selain spesies itu, Bertani juga menemukan spesies lainnya yang diberi nama Pachistopelma bromelicola. Seperti namanya, jenis itu hanya tinggal di tanaman tanaman bromelia, famili tanaman berbunga berbiji tunggal.

"Hanya satu spesies yang diketahui hidup secara eksklusif di dalam tanaman ini, dan sekarang kita memiliki spesies lain yang juga tinggal di sana," kata Bertani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis yang juga ditemukan adalah Iridopelma katiae. "Spesies ini juga hidup di tanaman bromelia, salah satu diantara beberapa tempat hidup bagi tarantula yang memiliki air dan perlindungan dari sinar Matahari," papar Bertani.

Penemuan spesies baru itu dipublikasikan di jurnal Zookeys. Peneliti mengatakan, semua spesies sangat spesifik ke wilayah penemuannya dan sangat rentan oleh aktivitas manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.