Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curiosity "Narsis" di Mars

Kompas.com - 05/11/2012, 15:44 WIB
Lusiana Octaviani

Penulis

FLORIDA, KOMPAS.com - Robot milik Badan Penerbangan dan Antariksa NASA yang bertugas di Mars, Curiosity, ternyata juga suka "narsis". Robot ini kembali mempertontonkan potret dirinya saat berada di planet merah dengan lengan yang terentang.

Seperti diberitakan Space, Jumat (2/11/2012), pada tanggal 31 Oktober 2012 lalu, tentu dengan pengendalian dari Bumi, Curiosity mengambil 55 gambar resolusi tinggi dengan kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) yang dimiliki. Ilmuwan lalu mengolah gambar untuk menunjukkan Curiosity dan lokasi pendaratannya di Mars, Kawah Gale.

Foto terbaru Curiosity ini menunjukkan posisinya di suatu wilayah yang disebut Rocknest. Di wilayah ini, Curiosity menyekop dan meneliti tanah Mars. Hasilnya, seperti yang diberitakan beberapa hari lalu, Curiosity mengetahui bahwa tanah di Mars sama dengan tanah di Hawaii.

Dalam foto itu, Curiosity berfoto dengan latar Gunung Sharp. Gunung itu menjulang setinggi 5 km dari Kawah Gale. Kaki gunung tersebut adalah target misi Curiosity. Diduga, wilayah itu menyimpan tanda keberadaan air di Mars di masa lampau.

Bagi tim ilmuwan, pengambilan foto ini tak cuma bertujuan menunjukkan keindahan, tetapi juga terkait dengan "tes kesehatan" Curiosity yang harus dilakukan. Lewat pengambilan gambar, ilmuwan mengetahui kondisi kamera, roda dan piranti lain dalam robot beroda enam itu

Curiosity memiliki 17 kamera dan 10 instrumen. Namun, MAHLI adalah satu-satunya kamera yang bisa mengambil gambar diri Curiosity. Sebabnya, MAHLI berada di sendi kelima pada lengan sepanjang 2,1 meter milik robot tersebut.

Lengan Curiosity memiliki kemampuan untuk mengebor sedalam 2,5 cm. Robot pencari tanda kehidupan di Mars ini berencana akan mengebor tanah di Rocknest. Tahun depan, Curiosity akan menuju Gunung Sharp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com