Ulang Tahun, Museum Zoologi Bogor Ajak Anak Mengenal Satwa

Kompas.com - 04/11/2012, 17:30 WIB
|
Editoryunan

CIBINONG, KOMPAS.com - Museum Zoologi Bogor, salah satu museum koleksi hewan terlengkap di Asia, Minggu (4/11/2012) menggelar perayaan ulang tahun ke 118 di. Perayaan tahun ini memgambil tema "Back to the Museum".

Beragam acara digelar, salah satunya lomba mewarnai tingkat siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Lomba digelar di Gedung Widyasatwaloka, Pusat Penelitian Biologi, Cibinong.

Sigit Wiantoro, ketua panitia perayaan ulang tahun yang juga peneliti kelelawar mengatakan bahwa lomba bertujuan mengajak anak-anak mengenal satwa Indonesia.

"Lomba ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang fauna Indonesia," kata Sigit dalam pembukaan lomba hari ini.

Lomba mewarnai diikuti 100 siswa Taman kanak-kanak TK dan 100 siswa Sekolah Dasar (SD), masing-masing berasal dari 31 TK dan 31 SD.

Selain lomba mewarnai, Museum Zoologi Bogor juga menggelar open house. Dalam acara ini, publik mendapatkan kesempatan langka berkujung ke laboratorium penelitian di Pusat Penelitian Biologi.

Sejumlah spesies bisa dilihat di laboratorium, misalnya jenis ikan purba Coelacanth yang ditemukan di perairan Manado hingga jenis tikus yang besarnya setara kucing.

Koleksi spesies yang baru saja ditemukan juga ditampilkan dalam bentuk replika. Beberapa spesies itu adalah tawon garuda (Megalara garuda) dan tikus tanpa geraham (Paucidentomys vermidax).

Sigit mengatakan, pengenalan satwa kepada anak-anak dapat memupuk mimpi menjadi peneliti. "Diharapkan dari sini, anak-anak dapat menjadi pelopor penelitian dan konservasi fauna di masa depan," katanya.

Sementara itu, Rosichon Ubaidillah, Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi, minat generasi muda menekuni hewan penting. Saat ini, Indonesia bisa dikatakan mengalami krisis peneliti satwa.

"Peneliti nyamuk, saat ini sudah tidak ada. Peneliti Collembola, ibu Yayuk Suhardjono, akan pensiun tahun 2015. Setelah itu, belum ada penggantinya," katanya.

Perayaan ulang tahun kali ini memang sedikit terlambat. Ulang tahun ke 118 Museum Zoologi Bogor sebenarnya jatuh pada tanggal 23 Agustus lalu.

Di ulang tahunnya yang sudah lebih dari satu abad, Museum Zoologi Bogor sudah memiliki kurang lebih 3 juta koleksi fauna Indonesia dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia.

Dalam perayaan ulang tahun kali ini, Pusat Penelitian Biologi juga meluncurkan Tim Tanggap Darurat Isu Satwa dan buku referensi Collembola (ekor pegas) pertama di Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X