Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanasan Global atau Bom Meteorologi?

Kompas.com - 04/11/2012, 02:39 WIB

Lima hari berlalu sejak badai super Sandy memorakporandakan kawasan Pantai Timur AS, terutama di sekitar Negara Bagian New York dan New Jersey. Namun, berita tentang skala kerusakan, jumlah korban dan kerugian, serta penderitaan lain yang ditimbulkan badai itu masih terus menghiasi teras berita media di dunia.

Hingga Sabtu (3/11), jumlah korban tewas di daratan AS akibat Sandy telah mencapai 100 orang dan kemungkinan masih akan bertambah. Sebelum itu, Sandy telah merenggut 69 nyawa di kawasan Karibia.

Apa sebenarnya yang membuat Sandy memiliki kekuatan merusak dan membunuh sebesar itu? Mengapa setelah puluhan tahun, bahkan lebih dari seratus tahun, baru kali ini New York dilanda badai seganas itu?

Sebagian orang cepat menuding: inilah efek pemanasan global akibat ulah manusia mengotori langit dengan emisi gas rumah kaca. Namun, ada juga yang menyebut ini kebetulan belaka, saat berbagai faktor cuaca yang tak menguntungkan bersatu memicu badai super.

Michael Oppenheimer, profesor ilmu iklim dari Universitas Princeton, awal pekan ini sengaja bergegas dari rumahnya ke kawasan Manhattan, New York City, menuju tepian Sungai Hudson. Tujuannya hanya satu: melihat badai yang sudah lama ia prediksi mewujud nyata.

”Kita sebenarnya sudah tahu badai seperti itu akan terjadi, tetapi rasanya tetap berbeda berdiri di sana dan melihat badai itu benar-benar terjadi,” tuturnya.

Mengubah pola

Hanya delapan bulan silam, Oppenheimer menulis dalam salah satu laporan ilmiahnya bahwa pemanasan global yang terjadi saat ini telah membuat permukaan laut naik dan mengubah pola terbentuknya topan di Samudra Atlantik. Efeknya, banjir besar yang seharusnya hanya terjadi sekali dalam seratus tahun di New York kini akan terjadi setiap 3-20 tahun sekali.

Meski begitu, Oppenheimer tak ingin buru-buru memvonis pemanasan global sebagai penyebab utama keganasan Sandy.

Rekannya sesama ilmuwan iklim, Andrew Weaver dari Universitas Victoria, Kanada, sepakat. ”Bahan-bahan dasar badai ini sepertinya memang sudah ’dimasak’ lebih dulu oleh perubahan iklim, tetapi badai itu secara keseluruhan sulit untuk dikaitkan langsung dengan pemanasan global,” tutur Weaver.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com