Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Pasien Diungsikan akibat Listrik Padam

Kompas.com - 30/10/2012, 14:09 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah rumah sakit di New York City terpaksa mengungsikan lebih dari 200 pasiennya setelah terjadi pemadaman listrik akibat badai Sandy. Sementara itu, generator cadangan tidak berfungsi.

Puluhan ambulans berbaris di sekeliling Rumah Sakit Tisch Universitas New York (NYU) ketika para dokter dan perawat memulai proses evakuasi. Evakuasi itu dimulai dari pasien dengan kondisi paling serius dan pasien termuda. Beberapa respirator berfungsi dengan baterai.

"Ini situasi yang sulit," kata dekan Medis NYU Robert Grossman kepada WCBS-TV. "Kami selalu melakukan simulasi kondisi seperti ini, tetapi yang ini bukan latihan. Ini kejadian yang sebenarnya."

Sebagian besar wilayah Lower Manhattan gelap gulita akibat badai Sandy, cuaca sangat ekstrem yang menghantam kawasan Pantai Timur AS. Sebagian besar pemadaman listrik di Lower Manhattan, di mana RS Tisch berlokasi, merupakan akibat ledakan di gardu listrik. Demikian penjelasan pihak berwenang.

Grossman mengatakan, tanpa listrik, berarti tidak ada lift yang berfungsi. Itu artinya, sebagian pasien—beberapa di antaranya pasien kanker dan pasien penyakit serius lainnya—harus digendong melalui tangga.

Ketika pasien dibawa masuk ke ambulans, empasan angin yang begitu kencang menyibak selimut yang menutup pasien. Para perawat dan staf lain RS harus mengerumuni satu pasien, selain untuk memegangi infus dan peralatan bantu lainnya, juga untuk memegangi selimut.

Ambulans-ambulans didatangkan dari seluruh kota untuk proses evakuasi itu. Pasien untuk sementara ditempatkan di sejumlah rumah sakit lain, termasuk di Mount Sinai dan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com