Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Sandy Kehilangan Kekuatan, tetapi Tetap Berbahaya

Kompas.com - 30/10/2012, 06:49 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pusat Badai Nasional AS, pada Selasa (30/10/2012), mengatakan, badai Sandy kini sudah tak dikategorikan sebagai badai karena kekuatannya sudah menurun. Meski demikian, Sandy yang kini menuju ke arah New Jersey dan Delaware itu dianggap masih berbahaya.

Salah satu bahaya yang ditimbulkan badai Sandy adalah ombak laut yang mencapai ketinggian 3,8 meter yang terjadi di Kings Point, New York. Meski kekuatannya sudah menurun, kecepatan Sandy tercatat masih mencapai 135 km per jam.

Saat Sandy masih di puncak kekuatannya, badai ini membuat pasokan listrik untuk sejumlah kawasan berpenduduk lebih dari 1,5 juta orang di pesisir timur AS putus.

Ancaman badai Sandy ini juga membuat dua kandidat calon presiden AS, Barack Obama dan Mitt Romney, membatalkan rencana kampanye mereka. Obama bahkan langsung kembali ke Washington DC untuk memimpin proses menghadapi dan menanggulangi bencana ini.

Presiden Obama bahkan sudah mengingatkan warga di wilayah yang kemungkinan besar akan dilalui Sandy bahwa bencana ini bisa mengakibatkan dampak buruk. Meski pemerintah sudah bersiap, lanjut Obama, putusnya aliran listrik dan jaringan transportasi dalam jangka waktu lama sangat mungkin terjadi.

Sementara itu, warga kebanyakan mulai mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk. Sebagian warga membeli lampu senter, air kemasan, dan menyimpan persediaan makanan. Di kawasan-kawasan rendah, warga menyusun karung-karung pasir untuk sedikit mengurangi masuknya air ke dalam kediaman mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com