Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Indonesia Menang di Festival Pertama Film Bencana

Kompas.com - 25/10/2012, 16:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Film Indonesia meraih penghargaan pada Festival Film Kebencanaan pertama yang diadakan bersamaan dengan Konferensi Tingkat Kementerian tentang Pengurangan Risiko Bencana di Yogyakarta, 22-25 Oktober 2012.

Judul film yang meraih penghargaan adalah Takbir Gempa. Film karya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut berhasil meraih penghargaan dalam kategori Pengurangan Risiko Bencana.

Takbir Gempa berkisah tentang bencana tsunami yang menerjang Aceh dan Nias pada tahun 2004. Film itu dianggap mampu memberi pelajaran tentang dampak tsunami dan memacu kewaspadaan masyarakat.

Dalam kategori Feature, film Banglades berjudul Kazol on the Flood menyabet juara. Film itu bercerita tentang seorang penyandang cacat bernama Kazol Rekha yang memiliki semangat untuk berperan serta dalam pengurangan risiko bencana.

Sementara itu, dalam kategori Investigasi, film Korea berjudul Memories of Summer Day 2012 meraih penghargaan. Film itu menceritakan upaya Pemerintah Korea dalam menanggulangi bencana angin topan yang sulit diprediksi.

Ketiga film terpilih sebagai juara mengalahkan 47 film lainnya. Festival film ini dimaksudkan sebagai salah satu langkah untuk menghasilkan film kebencanaan yang meningkatkan kewaspadaan publik pada bencana. Film dipercaya sebagai sarana mengajak publik waspada terhadap dampak bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com