Kompas.com - 19/10/2012, 11:43 WIB
|
Editoryunan

WASHINGTON, KOMPAS.com - Robot Curiosity yang menjalankan misi di planet Mars sejak mendarat 6 Agustus 2012 lalu kembali membuat penemuan menarik. Kali ini, Curiosity menemukan sebuah objek yang belum bisa diidentifikasi.

Objek tersebut ditemukan ketika robot beroda enam itu dengan menyekop tanah Mars di wilayah yang disebut Rocknest. Objek ditemukan dalam pengambilan sampel kedua pada Jumat (12/10/2012) lalu.

Sebelumnya, Curiosity juga sempat menemukan objek terang pada Minggu (7/10/2012). Namun, setelah diselidiki, objek tersebut ternyata sampah. Ada 5 hingga 6 objek serupa yang diduga berasal proses pendaratan Curiosity.

Pengalaman tersebut membuat tim pengendali misi berhati-hati. Pada pengambilan sampel kali ini, tim tak langsung meminta Curiosity mengambil objek misterius itu. Curiosity diminta bergerak ke beberapa sisi dan mengambil gambar, mengetahui adanya objek sejenis.

"Kita super paranoid. Tim memutuskan bahwa jika memang sampel itu adalah buatan manusia, lebih baik kita tidak mengambilnya," ungkap John Grotzinge dari California Institute of Technology di Pasadena, anggota tim pengendali, seperti dikutip Space, Kamis (18/10/2012).

Hasil pengamatan Curiosity menunjukkan, objek terang misterius yang baru ditemukan memang berasal dari Mars. Menurut ilmuwan, objek terang itu mungkin bagian dari proses pembentukan tanah. Warna terang diperoleh dengan membelah objek itu.

Dalam beberapa hari ke depan, tim pengendali misi akan meminta Curiosity menembak objek itu dengan laser. Penembakan akan dilakukan dengan instrumen yang disebut ChemCam, instrumen yang memungkinkan Curiosity mengetahui komposisi tanah atau batuan Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misi Curiosity kini memasuki bulan ketiga. Robot itu telah menemukan beberapa fakta menarik tentang Mars. Terakhir, Curiosity menemukan adanya batu Mars yang secara kimia mirip dengan batu di Bumi.

Curiosity juga mengirimkan foto-foto yang menumbuhkan antusiasme pada misi antarika, seperti foto saat baru saja mendarat di Mars dan foto jejak zig-zag yang ditinggalkannya. Target misi Curiosity adalah Gunung Sharp, gunung yang menjulang 5,5 km dari Kawah Gale, tempat wahana itu mendarat.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X