Diteliti, Peninggalan Majapahit di Terung

Kompas.com - 17/10/2012, 04:40 WIB
Editor

SIDOARJO, KOMPAS - Petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto mulai meneliti situs yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Terung Wetan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (15/10). Situs diduga berasal dari abad ke-14.

Peninggalan di Desa Terung Wetan ini berupa struktur batuan menyerupai altar berbentuk huruf J, artefak berupa potongan gerabah dan keramik, batu seperti pemberat kapal laut, serta tumpukan batu bata kuno menyerupai pagar benteng.

”Dari ukuran bata hampir sama dengan di Trowulan,” kata Ahmad Hariri, arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto, di lokasi situs, Senin (15/10). BPCB Mojokerto dulu bernama Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Peninggalan paling mencolok pada situs itu adalah struktur batuan berbentuk huruf J berukuran 10,6 meter dan 5,9 meter untuk dua sisi terpanjang. Tingginya 0,85 sentimeter. Belum dapat dipastikan struktur itu dulu candi atau bangunan lain.

Jamiat Rukmono Adi, petugas Pengamanan dan Penyelamatan BPCB Mojokerto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi untuk pengamanan situs. Belum dapat dipastikan adanya ekskavasi lanjutan.

Temuan itu menindaklanjuti temuan seniman Jansen Jasien dan warga Terung, April lalu. Jansen meneliti jejak peninggalan Majapahit di Terung untuk penyelesaian karya seni tentang legenda Terung. Selama tiga bulan, Jansen dan warga menggali 2 meter sebelum menemukan struktur batuan berbentuk huruf J itu secara utuh.

Pasca-penemuan, warga dari desa lain kerap mengunjungi situs tersebut. (ILO)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.