Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Buaya Lepas, Sekolah Diliburkan

Kompas.com - 15/10/2012, 22:21 WIB
Pieter P Gero

Penulis

HANOI, KOMPAS.com-Siswa sekolah dasar di Vietnam bagian selatan diliburkan selama hari Senin (15/10/2012) setelah sejumlah buaya dilaporkan lepas dari pusat peternakan buaya di sana. Buaya-buaya tadi dilaporkan lolos dan bermunculan di kawasan permukiman di sekitarnya.

Harian the Thanh Nien sebagaimana dikutip kantor berita AFP melaporkan, buaya-buaya tadi berkeliaran di sekitar perumahan yang berdekatan dengan pusat peternakan buaya. Buaya-buaya ini lolos setelah dinding pada salah satu sisi peternakan tadi ambruk.

Dilaporkan ada 580 buaya yang diternakkan di dekat kota Dinh Binh. Namun belum bisa dipastikan berapa banyak buaya yang lolos dan kini berkeliaran bebas. Menurut Thanh Nien, akibat lolosnya buaya yang bisa saja memangsa manusia, maka sekolah dasar Kim Dong yang berada di dekat situ diliburkan.

"Langkah ini untuk menjamin keselamatan guru dan siswa," ujar Le Van Hai, kepala Departemen Pengawas Hutan Provinsi Ca Mau di Vietnam bagian selatan. Diperkirakan ada sekitar 60 buaya berkeliaran di seputar sekolah. Namun tidak jelas berapa jumlah buaya yang sebenarnya berkeliaran di sana.

"Tembok dari peternakan buaya itu ambruk akibat terkikis hujan. Buaya-buaya langsung lolos bebas begitu pagar roboh," ujar Hai berkenaan dengan tembok peternakan buaya yang roboh pada hari Jumat lalu. Yang pasti, saat itu ada sekitar 580 buaya di dalam peternakan tadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com