Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjun Tembus Rekor Kecepatan Suara, Hari Ini

Kompas.com - 14/10/2012, 21:40 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ROSWELL, KOMPAS.com - Upaya atlet ekstrim Felix Baumgartner, untuk menjadi penerjun bebas pertama dalam sejarah yang berhasil meluncur ke bumi melampaui kecepatan suara, dijadwalkan akan dilaksanakan pada Minggu pagi waktu New Mexico, Amerika Serikat atau Minggu (14/10/2012) malam WIB ini.

Jadwal semula upaya yakni hari Senin lalu, namun tertunda karena kecepatan angin yang melampaui batas yang diinginkan.

Sang penerjun, Baumgartner, asal Austria, sebagaimana dikutip kantor berita AP, menegaskan, dia berharap segera bisa memecahkan rekor meluncur melampui kecepatan suara.

"Semoga tak ada lagi penangguhan pada menit-menit terakhir," ujarnya.

Baumgartner dalam upayanya akan meluncur dari ketinggian 37 kilometer, di atas angkasa padang pasir di New Mexico.

Mantan pasukan para Austria itu dan timnya, menetapkan hari Minggu pagi sebagai waktu yang tepat untuk memulai upaya pemecahan rekor.

Sebelumnya upaya ini tertunda sejak dijadwalkan awal hari Senin lalu, kemudian dijadwalkan kembali ke hari selasa pekan lalu. Semuanya tertunda, karena kecepatan angin yang jauh dari yang diharuskan.

Sejauh ini, ramalan cuaca pada hari Sabtu memperkirakan kecepatan angin akan bagus pada hari Minggu dinihari waktu setempat. Ahli cuaca dari misi ini, Don Day, menegaskan, embusan angin di darat yang ideal adalah 1,6 kilometer sampai 3,2 kilometer per jam

Jika berhasil, Baumgartner (43) tahun akan memecahkan rekor yang sudah berusia 52 tanuh yang dibuat Joe Kittinger. Joe melompat dari ketinggian 31 kilometer, dengan kecepatan meluncur mencapai 988 kilometer per jam, sedikit d ibawah kecepatan suara.

Baumgartner akan diangkut dengan balon helium yang ringan, mencapai ketinggian 37 kilometer.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com