Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Misterius di Mars Ternyata Sampah

Kompas.com - 11/10/2012, 17:41 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Peraturan beberapa negara di dunia menunjukkan larangan untuk membuang sampah sembarangan. Singapura misalnya, negara tetangga itu mendenda siapa pun yang mencampakkan sampah di luar tempatnya.

Namun, bagaimana peraturannya jika membuang sampah di planet lain yang tak berpenghuni? Si subyek pembuang sampah pun bukan manusia, melainkan robot berteknologi tinggi bernama Curiosity.

Inilah yang terjadi ketika Curiosity tengah mengumpulkan sampel di permukaan Planet Mars. Robot ini memang jadi "mata dan kaki" manusia dalam menyelidiki iklim, geologi, dan kemungkinan adanya kehidupan di Mars.

Namun, saat mengambil contoh permukaan Mars, Selasa (9/10), Curiosity menemukan satu benda bersinar. Manajer misi di Bumi kemudian menghentikan aktivitas pencarian contoh permukaan untuk menyelidiki misteri benda bersinar tersebut.

Ternyata, benda tersebut bukanlah bukti keberadaan kehidupan di Mars. "Hasil penilaian tim rover (Curiosity), benda bersinar itu adalah sesuatu yang berasal dari rover. Bukan materi dari Mars," demikian lapor manajer misi seperti dikutip Discovery, Rabu (10/10/2012). "Sepertinya suatu bagian dari materi plastik," tambahnya.

Meski demikian, hal ini tidak mengurangi aktivitas Curiosity di Mars. Temuan yang paling besar oleh robot ini adalah foto batuan bulat dan kerikil di dekat tempat pendaratannya di kawah Gale pada akhir September 2012. Bentuk batuan ini membuat para peneliti memberi kesimpulan besar: Mars pernah dialiri air beraliran deras dan relatif dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com