Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dompu, Jejak Kerajaan Majapahit di Sumbawa

Kompas.com - 10/10/2012, 17:14 WIB

KOMPAS.com - Dompu jelas memiliki pesona yang menarik sebagai sebuah kota. Di sini tersimpan potensi wisata yang besar berupa alam, budaya, dan sejarah. Berada tak jauh dari kawasan wisata Gunung Tambora membuat Dompu makin populer dan berpeluang menjadi tujuan wisata yang layak disambangi.

Kota Dompu adalah ibukota Kabupaten Dompu, yaitu kota terbesar ketiga di Pulau Sumbawa. Sumbawa sendiri merupakan pulau besar yang letaknya antara Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Lombok di Nusa Tenggara Barat. Meski berstatus sebagai kota, fasilitas eksklusif atau mewah hampir tidak ditawarkan di kota yang sederhana namun menarik ini.

Dompu berada di dataran subur dimana kesederhanaan hidup masyarakat berharmoni dengan bentang alam yang cantik. Beriring dengannya pula masih dapat ditemukan situs kerajaan kuno adalah beberapa ‘kemewahan’ bagi Anda seorang petualang saat menjejakkan kaki di Pulau Sumbawa.

Di Dompu terdapat sebuah situs kerajaan kuno, tepatnya di Doro Bata. Doro Bata yang berarti gunung atau bukit batu bata merupakan sebuah bukit yang berada di tengah perkampungan penduduk di Kelurahan Kandai I, Kecamatan Dompu. Situs ini dipercaya bagian dari Istana Dompo yang berada dibawah kekuasaan Majapahit.

Sejumlah arkeolog dan peneliti sengaja datang ke Doro Bata untuk menyingkap sejarah yang terkubur di sana sejak Gunung Tambora meletus dan memunahkan peradaban beberapa kerjaan kecil di sekitarnya, termasuk Kerajaan Dompo. Ada dugaan bahwa di situs Doro Bata terdapat sebuah bangunan tempat pemujaan dan merupakan tempat pertemuan para ncuhi (raja kecil).

Hasil penggalian menemukan susunan batu bata berbentuk sebuah candi di kedalaman 1,5 meter. Di sekitar Doro Bata juga ditemukan beberapa peninggalan, seperti Candi Sambi Tangga (sekitar 1 kilometer dari Doro Bata) dan Situs Warukali yang dipercaya merupakan kompleks makam kuno (sekitar 2 kilometer dari Dompu). Di puncak Doro Bata yang luasnya sekitar 100 meter persegi ditemukan sebuah sumur kecil yang dimanfaatkan warga saat musim kemarau.

Dompu juga biasa menjadi tempat persinggahan para pendaki Gunung Tambora yang merupakan destinasi wisata primadona di Nusa Tenggara Barat. Jalur trekking dan pemandangan menuju puncak Tambora adalah daya tarik alam yang menggugah decak kagum. Selain pendaki, wisatawan yang datang ke Dompu adalah para peselancar yang ingin bermain ombak di kawasan pantai sekitar Dompu. Pantai Hu’u sudah populer sejak dulu sebagai salah satu kawasan yang asyik untuk berselancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com