Kompas.com - 10/10/2012, 17:14 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Dompu jelas memiliki pesona yang menarik sebagai sebuah kota. Di sini tersimpan potensi wisata yang besar berupa alam, budaya, dan sejarah. Berada tak jauh dari kawasan wisata Gunung Tambora membuat Dompu makin populer dan berpeluang menjadi tujuan wisata yang layak disambangi.

Kota Dompu adalah ibukota Kabupaten Dompu, yaitu kota terbesar ketiga di Pulau Sumbawa. Sumbawa sendiri merupakan pulau besar yang letaknya antara Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Lombok di Nusa Tenggara Barat. Meski berstatus sebagai kota, fasilitas eksklusif atau mewah hampir tidak ditawarkan di kota yang sederhana namun menarik ini.

Dompu berada di dataran subur dimana kesederhanaan hidup masyarakat berharmoni dengan bentang alam yang cantik. Beriring dengannya pula masih dapat ditemukan situs kerajaan kuno adalah beberapa ‘kemewahan’ bagi Anda seorang petualang saat menjejakkan kaki di Pulau Sumbawa.

Di Dompu terdapat sebuah situs kerajaan kuno, tepatnya di Doro Bata. Doro Bata yang berarti gunung atau bukit batu bata merupakan sebuah bukit yang berada di tengah perkampungan penduduk di Kelurahan Kandai I, Kecamatan Dompu. Situs ini dipercaya bagian dari Istana Dompo yang berada dibawah kekuasaan Majapahit.

Sejumlah arkeolog dan peneliti sengaja datang ke Doro Bata untuk menyingkap sejarah yang terkubur di sana sejak Gunung Tambora meletus dan memunahkan peradaban beberapa kerjaan kecil di sekitarnya, termasuk Kerajaan Dompo. Ada dugaan bahwa di situs Doro Bata terdapat sebuah bangunan tempat pemujaan dan merupakan tempat pertemuan para ncuhi (raja kecil).

Hasil penggalian menemukan susunan batu bata berbentuk sebuah candi di kedalaman 1,5 meter. Di sekitar Doro Bata juga ditemukan beberapa peninggalan, seperti Candi Sambi Tangga (sekitar 1 kilometer dari Doro Bata) dan Situs Warukali yang dipercaya merupakan kompleks makam kuno (sekitar 2 kilometer dari Dompu). Di puncak Doro Bata yang luasnya sekitar 100 meter persegi ditemukan sebuah sumur kecil yang dimanfaatkan warga saat musim kemarau.

Dompu juga biasa menjadi tempat persinggahan para pendaki Gunung Tambora yang merupakan destinasi wisata primadona di Nusa Tenggara Barat. Jalur trekking dan pemandangan menuju puncak Tambora adalah daya tarik alam yang menggugah decak kagum. Selain pendaki, wisatawan yang datang ke Dompu adalah para peselancar yang ingin bermain ombak di kawasan pantai sekitar Dompu. Pantai Hu’u sudah populer sejak dulu sebagai salah satu kawasan yang asyik untuk berselancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.