"Lincoln" Diunggulkan Raih Oscar

Kompas.com - 10/10/2012, 14:30 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Lincoln, film terbaru sutradara kawakan Steven Spielberg, diunggulkan akan mendapat banyak Oscar seusai menuai sambutan meriah di Festival Film New York. 

Film yang dibintangi aktor pemenang dua Oscar, Daniel Day-Lewis, sebagai Presiden ke-16 AS di masa akhir jabatannya itu, langsung menerima banyak komentar di Twitter, yang kebanyakan positif. Mereka bahkan menyebut  Lincoln adalah film terbaik Spielberg selama bertahun-tahun.

Tommy Lee Jones dan Sally Field juga kecipratan pujian karena akting mereka. Dalam film ini Lee Jones memerankan anggota kongres dari Partai Republik Thaddeus Stevens, sementara Field berperan sebagai Mary Ann, istri Lincoln.

Lincoln dinilai sangat sukses pada pemutaran perdananya di New York dilihat dari penjualan tiket hingga akhir pekan. Lincoln diunggulkan akan meraih Oscar untuk kategori gambar terbaik dan sutradara terbaik.

The Hollywood Reporter kemudian membandingkan antara film yang berkisah mengenai perjuangan Lincoln untuk menghapuskan perbudakan dengan film Spielberg lainnya seperti Schinder's List dan Saving Private Ryan.

"Kesimpulannya, Lincoln tampaknya akan menjadi film yang akan mendapatkan banyak Oscar. Spielberg yang berkarier di tengah-tengah seni dan komersial telah berhasil dalam film ini."

Namun, tak semua orang memiliki pendapat yang sama. "Cukup cemerlang, para aktor melakukan pekerjaan yang luar biasa. Namun, film ini tak cukup spesial," demikian pendapat dari blog The US

Edward Douglas dari Coming Soon menjuluki film ini sebagai pemenang yang sebenarnya. "Film terbaik Spielberg selama bertahun-tahun. Seharusnya, cukup baik untuk masuk ke 12 nominasi Oscar dan memenangi empat Oscar."

Tak hanya Spielberg, aktor utama Day Lewis pun mendapatkan banjir pujian, termasuk dari The Huffington Post yang menjuluki aktingnya luar biasa. Day Lewis dinilai mampu memerankan Lincoln yang tegas tetapi berhati baik.

Day Lewis bahkan melakukan penelitian historis hingga menggunakan suara tinggi khas Lincoln di film. Banyak pula yang berpendapat para pemeran pendukung pun layak masuk nominasi Oscar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.