Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lincoln" Diunggulkan Raih Oscar

Kompas.com - 10/10/2012, 14:30 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Lincoln, film terbaru sutradara kawakan Steven Spielberg, diunggulkan akan mendapat banyak Oscar seusai menuai sambutan meriah di Festival Film New York. 

Film yang dibintangi aktor pemenang dua Oscar, Daniel Day-Lewis, sebagai Presiden ke-16 AS di masa akhir jabatannya itu, langsung menerima banyak komentar di Twitter, yang kebanyakan positif. Mereka bahkan menyebut  Lincoln adalah film terbaik Spielberg selama bertahun-tahun.

Tommy Lee Jones dan Sally Field juga kecipratan pujian karena akting mereka. Dalam film ini Lee Jones memerankan anggota kongres dari Partai Republik Thaddeus Stevens, sementara Field berperan sebagai Mary Ann, istri Lincoln.

Lincoln dinilai sangat sukses pada pemutaran perdananya di New York dilihat dari penjualan tiket hingga akhir pekan. Lincoln diunggulkan akan meraih Oscar untuk kategori gambar terbaik dan sutradara terbaik.

The Hollywood Reporter kemudian membandingkan antara film yang berkisah mengenai perjuangan Lincoln untuk menghapuskan perbudakan dengan film Spielberg lainnya seperti Schinder's List dan Saving Private Ryan.

"Kesimpulannya, Lincoln tampaknya akan menjadi film yang akan mendapatkan banyak Oscar. Spielberg yang berkarier di tengah-tengah seni dan komersial telah berhasil dalam film ini."

Namun, tak semua orang memiliki pendapat yang sama. "Cukup cemerlang, para aktor melakukan pekerjaan yang luar biasa. Namun, film ini tak cukup spesial," demikian pendapat dari blog The US

Edward Douglas dari Coming Soon menjuluki film ini sebagai pemenang yang sebenarnya. "Film terbaik Spielberg selama bertahun-tahun. Seharusnya, cukup baik untuk masuk ke 12 nominasi Oscar dan memenangi empat Oscar."

Tak hanya Spielberg, aktor utama Day Lewis pun mendapatkan banjir pujian, termasuk dari The Huffington Post yang menjuluki aktingnya luar biasa. Day Lewis dinilai mampu memerankan Lincoln yang tegas tetapi berhati baik.

Day Lewis bahkan melakukan penelitian historis hingga menggunakan suara tinggi khas Lincoln di film. Banyak pula yang berpendapat para pemeran pendukung pun layak masuk nominasi Oscar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com