Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Tradisi Nobel

Kompas.com - 10/10/2012, 06:49 WIB

Oleh Agnes Aristiarini

 

”Jika aku punya 300 ide dalam setahun dan hanya satu yang terwujud, aku tetap merasa puas.” Alfred Bernhard Nobel (1833-1896)

Setelah pengumuman penerima Nobel Kedokteran sehari sebelumnya, Selasa kemarin, penerima Nobel Fisika diumumkan. Ucapan selamat mengalir kepada Serge Haroche dan David J Wineland yang memenangi Nobel Fisika 2012 berkat terobosan mereka berupa metode percobaan yang memungkinkan pengukuran dan manipulasi sistem kuantum individual.

Hari-hari berikutnya, hingga 15 Oktober ke depan, masih ada pengumuman penghargaan Nobel Kimia, Sastra, Perdamaian, dan terakhir Ekonomi. Terima kasih kepada Alfred Bernhard Nobel, ilmuwan miliuner yang sudah mewariskan kekayaannya untuk memulai tradisi bergengsi ini.

Disebut bergengsi karena mereka yang mendapatkan penghargaan ini tidak hanya mengalahkan kandidat dari berbagai penjuru dunia dan nilai hadiah yang amat besar, tetapi yang terutama adalah karya mereka ikut menentukan jalan sejarah perkembangan peradaban manusia.

Sejarah Nobel

Alfred Nobel adalah paradoks. Ia penemu dinamit kendati dikenal sebagai pencinta damai yang menginginkan kemajuan sains untuk kebaikan kehidupan umat manusia. Menguasai lima bahasa—Inggris, Perancis, Jerman, Swedia, dan Rusia—ia lebih berkonsentrasi belajar kimia atas dorongan ayahnya.

Kekayaannya yang luar biasa berasal dari perusahaan alat perang dan kemudian minyak yang ia bangun bersama sang ayah, diikuti ketekunannya mengembangkan nitroglycerine, cairan kimia berdaya ledak tinggi yang menjadi bahan baku dinamit.

Alfred Nobel yang amat gemar meneliti memiliki banyak laboratorium di Stockholm dan Karlskoga (Swedia), Hamburg (Jerman), Ardeer (Skotlandia), Paris dan Sevran (Perancis), serta San Remo (Italia). Ia tidak hanya fokus mengembangkan bahan peledak, tetapi juga berbagai materi tiruan, seperti karet, kulit, dan sutra sintetis. Hingga meninggal, ia mengantongi 355 hak paten.

Ketika surat wasiatnya dibacakan, banyak orang terkejut karena ia mewariskan hampir seluruh kekayaannya untuk penghargaan ilmiah, ditambah penghargaan sastra—bidang yang ia cintai, tetapi tidak berkembang karena ayahnya tidak suka—dan perdamaian.

Warisan senilai 31 juta SEK (saat ini sekitar 265 juta dollar AS) ia percayakan kepada dua insinyur muda, Ragnar Sohlman dan Rudolf Liljequist, yang kemudian membentuk Nobel Foundation sebagai wadahnya.

Tahun 1901, lima tahun sesudah Alfred Nobel meninggal, tradisi penghargaan Nobel dimulai. Sepanjang 1901-2011, penghargaan Nobel diberikan 549 kali, dengan beberapa tahun absen karena Perang Dunia I dan II. Selama itu, 830 perseorangan dan 23 organisasi menerimanya, termasuk di antaranya 69 penerima penghargaan ekonomi. Dari jumlah itu, beberapa perseorangan atau organisasi menerima penghargaan lebih dari sekali.

Terobosan pengetahuan

Penerima Nobel Fisika pertama adalah Wilhelm Rontgen, penemu sinar X yang sampai sekarang sangat membantu untuk memeriksa kesehatan tulang dan paru-paru kita. Tahun 2010, penerimanya adalah penemu grafen (graphene), material kristal dua dimensi, yang digadang-gadang sebagai materi masa depan.

Demikian pula halnya Nobel Kedokteran. Kalau tahun 1901 Emil von Behring menerima penghargaan ini atas ketekunannya meneliti terapi serum—yang berperan penting dalam pengobatan difteri—tahun 1962 penghargaan Nobel Kedokteran diberikan kepada Francis Harry Compton Crick, James Dewey Watson, dan Maurice Hugh Frederick Wilkins. Merekalah yang berjasa menemukan struktur molekul asam nukleus yang menyusun materi genetik. Disebut DNA (deoxyribonucleic acid), inilah dasar ilmu genetika sekarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com