Cinta Abadi Anjing Hutan

Kompas.com - 07/10/2012, 15:36 WIB
|
Editoryunan

OHIO, KOMPAS.com Meskipun memiliki rahang ganas dan pemakan daging yang cukup ulung, anjing hutan ternyata juga mengenal kasih dan kesetiaan. Anjing hutan punya cinta abadi pada satu pasangan saja alias punya gaya hidup monogami.

Cecilia A Hennessy dari School of Environment and Natural Resources, Ohio State University, beserta rekannya mempelajari 236 ekor dalam enam tahun, dari 2000-2006, untuk mendapatkan kesimpulan tersebut.

Hennessy mengoleksi sampel darah dan jaringan dari anjing hutan yang hidup di wilayah Illinois. Ia dan rekannya kemudian memasang penanda pada anjing hutan yang ditangkap sebelum melepaskannya sehingga individu itu bisa dipantau.

Berdasarkan hasil penelitian, seperti diberitakan Scientific American, Jumat (28/9/2012), Hennessy menyatakan bahwa secara genetik tak ada bukti poligami. Pengamatan juga menunjukkan anjing hutan terus bersama pasangannya selama beberapa musim kawin.

Hasil penelitian ini berlawanan dengan penelitian sebelumnya bahwa spesies yang punya gaya hidup monogami kadang berselingkuh. Sebelumnya juga diperkirakan anjing hutan yang hidup di kota sulit bermonogami sebab makanan dan pasangan melimpah.

"Riset kami menunjukkan anjing hutan mempertahankan relasi monogami, terlepas dari bahan makanan yang melimpah dan padatnya populasi," ungkap Hennessy dalam publikasinya di Journal of Mammalogy yang terbit September 2012.

Hennessy mengatakan, investigasi lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami perilaku yang menarik ini. Studi yang sama perlu dilakukan di tempat berbeda.