Kompas.com - 05/10/2012, 19:13 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Robot Curiosity akan menyekop tanah Mars pada Sabtu (6/10/2012), akhir pekan ini. Langkah ini menjadi pengambilan sampel tanah Mars pertama sekaligus tonggak baru misi Curiosity dalam menyelidiki kemungkinan planet tetangga Bumi itu mendukung kehidupan.

Rencana pengambilan sampel diputuskan setelah Curiosity sampai di daerah berpasir Mars, Rocknest, dan ilmuwan berhasil menemukan tempat yang tepat untuk mengambil sampel. Pengambilan akan dilakukan dengan sistem sekop di ujung lengan robotik Curiosity yang memiliki panjang 7 meter.

Sampel diambil nantinya akan dikirim dan dianalisis di dua instrumen yang juga terdapat di Curiosity, yaitu Sample Analysis at Mars (SAM) dan Chemistry and Mineralogy (CheMin). Namun, sebagai langkah pertama, sistem sekop dan lainnya akan dibersihkan dulu dari unsur-unsur Bumi.

"Kita ingin memastikan bahwa sampel pertama yang kami analisis benar-benar dari Mars. Jadi kita membersihkan semua material residu dari Bumi yang mungkin ada di sistem sekop," kata Joel Hurowitz, insinyur Badan Penerbangan dan Antariksa NASA yang menangani misi pengambilan sampel, seperti dikutip Space, Kamis (4/10/2012).

Metode pembersihan yang dilakukan adalah dengan menggetarkan sistem pengambilan sampel pada robot Curiosity. Metode ini persis seperti saat manusia berkumur, bedanya sistem pengambilan sampel akan "dibasuh" dengan pasir Mars.

Setelah pengambilan sampel, Curiosity akan tetap berada di Rocknest selama dua atau tiga minggu. Instrumen SAM dan CheMin akan memulai proses rumit untuk menganalisis sampel yang telah diambil sebelumnya.

Dari Rocknest, Curiosity akan menuju Glenelg, wilayah pertemuan tiga macam dataran di Mars. Glenelg berlokasi 100 m sebelah timur Rocknest. Jarak ini terkesan dekat namun butuh waktu agak lama bagi Curiosity untuk mencapainya. Sejak mendarat 5 Agustus 2012 lalu, Curiosity telah berjalan sejauh 484 m.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Target utama Curiosity adalah Gunung Sharp, gunung yang menjulang setinggi 5,5 km dari kawah Gale, tempat pendaratan Curiosity. Kaki gunung itu menunjukkan tanda pernah adanya air dalam bentuk cair di Mars.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.