Kompas.com - 02/10/2012, 21:51 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

MENIA, KOMPAS.com - Akibat terbatasnya peralatan, 46 paus pilot yang terdampar di Desa Deme, Kecamatan Liae, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, Senin (1/10/2012) kemarin, tidak bisa tertolong. Sebanyak 44 ekor paus mati, hanya dua yang selamat.

Menurut Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome, 46 ekor ikan paus itu terdampar di pinggir pantai sekitar pukul 19.00 hingga 20.00 Wita. Saat itu, hewan mamalia tersebut masih dalam kondisi hidup.

Masyarakat sekitar sempat menolong paus-paus tersebut. Namun karena gelombang pantai selatan yang besar, dan keterbatasan peralatan, mereka pun mati.

"Kalau kita punya peralatan atau kapal-kapal yang ukurannya besar, bisa kita bawa ikan-ikan itu sampai ke tengah laut yang dalam. Pasti bisa hidup. Tetapi apa boleh buat, sehingga terpaksa kita suruh masyarakat potong untuk kemudian dikonsumsi," kata Marthen ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (2/10/2012).

Menurut Marthen, ikan paus tersebut selama ini memang berada di Laut Sabu. Mereka, katanya lagi, kemungkinan terdampar karena arus bawah laut yang kuat.

Setelah kejadian itu, Pemkab Sabu Raijua pun berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi dan Pusat. Pemkab meminta agar Provinsi dan Pusat menyediakan peralatan yang memadai, sehingga ke depan bila kejadian yang sama terulang bisa diantisipasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.