Kompas.com - 02/10/2012, 20:57 WIB
EditorJodhi Yudono

DENPASAR, KOMPAS.com--Warisan budaya Kerajaan Majapahit dari berbagai provinsi dipamerkan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar, Bali.

"Ini merupakan warisan kebudayaan Nusantara dengan teknologi yang luar biasa dan teknologi itu sebenarnya sudah kita aplikasikan hingga sekarang," kata Wicaksono Dwi Nugroho, Kepala Museum Majapahit Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengatakan, penemuan lebih dari 88 ribu benda arkeologi di situs Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, menunjukkan bahwa teknologi sudah dimanfaatkan pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit sekitar abad XIII-XV Masehi.

Dia mencontohkan, tembikar yang terbuat dari tanah liat berbentuk bulat dengan lapisan luar yang tipis dan halus menandakan bahwa proses pembakaran dilakukan dengan teknik tertentu.

Benda purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit yang dipamerkan antara lain berupa tembikar berbentuk celengan babi, periuk, dan kendi. Selain itu juga barang-barang yang terbuat dari logam dan porselin, serta arca dan sebuah celengan berbentuk figur manusia.

Celengan dengan figur manusia itu menurut sejarawan Prof Moh Yamin wajahnya diinterpretasikan sebagai wajah Gajah Mada, kata Dwi Nugroho.

"Kami tidak berani membawa keluar celengan itu karena hanya ada satu dan berharga tinggi," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.