Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mars Hangat di Siang Hari

Kompas.com - 02/10/2012, 10:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Mars ternyata hangat di siang hari. Hasil pengukuran instrumen cuaca pada robot Curiosity, Remote Environment Monitoring System (REMS), menyatakan, suhu Mars saat siang mencapai 6 derajat celsius dan terus menanjak di atas titik beku.

Temperatur hasil pengukuran REM sedikit mengejutkan. Pasalnya, kawah Gale di Mars, tempat Curisoity mendarat yang merupakan wilayah 4,5 derajat di selatan ekuator Mars, saat ini masih mengalami musim dingin.

"Bahwa kita melihat temperatur yang hangat ini di siang hari mengejutkan dan sangat menarik," kata Felipe Gomez dari Centro de Astrobiologia di Madrid, seperti dikutip Space.com, Senin (1/10/2012).

Salah satu tujuan misi Curiosity adalah menyelidiki apakah lingkungan Mars bisa mendukung kehidupan mikroba. Kebanyakan ilmuwan berpikir bahwa Mars terlalu dingin dan kering. Namun, ilmuwan mungkin harus berpikir ulang jika suhu Mars saat musim panas dan semi mendukung.

"Jika tren suhu panas ini berlanjut hingga musim panas, kita mungkin bisa melihat suhu mencapai 20 derajat celsius. Di siang hari, kita bisa melihat temperatur cukup tinggi untuk mendukung adanya air cair, tetapi masih belum jelas apakah ini akan terjadi ataukah temperatur ini hanya sekadar blip," tutur Gomez.

Sementara temperatur saat siang cukup bersahabat, tak demikian dengan temperatur malam hari. Suhu Mars saat malam bisa mencapai -70 derajat celsius. Perubahan drastis terjadi karena Mars kering dan ketebalan atmosfernya hanya 1 persen atmosfer Bumi.

Selain mengukur temperatur, REMS juga mengukur tekanan rata-rata di Mars. Hasil pengukuran tekanan sesuai dengan prediksi ilmuwan.

Saat musim dingin, karbon dioksida di kutub Mars membeku, membentuk es kering musiman. Karena atmosfer Mars didominasi karbon dioksida, pembentukan es kering musiman memengaruhi tekanan.

Data dan model menyatakan bahwa Curiosity akan mendarat pada salah satu tekanan paling rendah di Mars. Pengukuran menunjukkan hal ini. Selama tiga minggu pertama, Curiosity mengalami tekanan 730 Pascal (Pa) dan akhir-akhir ini 750 Pa.

"Data tekanan menunjukkan variasi tekanan yang sangat signifikan secara konsisten dari sol ke sol (hari Mars). Minimum adalah 685 Pa dan maksimum 780 Pa," ujar Javier Gómez-Elvira, pimpinan investigasi REMS.

Tekanan di Mars belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan tekanan di Bumi. Tekanan di Bumi di permukaan air laut mencapai 101,325, sekitar 140 kali tekanan di Mars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com