Kompas.com - 26/09/2012, 13:39 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Robot beroda enam yang diutus menyelidiki lingkungan Mars, Curiosity, akhirnya berhasil membuat kontak pertama dengan batuan planet merah tersebut serta mencapai jarak tempuh terjauh sejak awal pendaratannya 5 Agustus 2012 lalu.

Curiosity menghabiskan beberapa hari terakhir untuk menginvestigasi batuan berbentuk piramida yang dinamai "Jake Matijevic". Investigasi melibatkan dua instrumen, Alpha Particle X-Ray Spectrometer (APXS) yang melihat komposisi unsur dan kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI).

Kontak pertama dengan batuan Mars berhasil dicapai pada sabtu (22/9/2012). Foto hasil kontak pertama diperlihatkan pada gambar di atas.

"I did a science! 1st contact science on rock target Jake," demikian tweet tim Curiosity Sabtu lalu, memberitahukan keberhasilan robot antariksa tercanggih itu kepada 1,1 juta follower-nya.

Curiosity juga menembak batuan Mars dengan laser dengan instrumen ChemCam. Bagian batuan yang menguap dianalisis komposisi kimianya.

Kerja ChemCam berhasil diselesaikan pada Senin (24/9/2012), saat Curiosity berhasil menempuh jarak 42 meter.

Saat ini, Curiosity tengah dalam perjalanan menuju wilayah yang disebut Glenelg. Wilayah tersebut berada 400 meter dari posisi pendaratan Curiosity. Sebelum Senin kemarin, Curiosity sudah setengah jalan menuju Glenelg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilmuwan nantinya akan mencoba sistem sekop Curiosity. Robot akan mengambil sedikit debu Mars yang kemudian akan dianalisis dengan instrumen SAM (Sample Analysis at Mars) dan CheMin (Chemistry & Mineralogy).

Sementara misi Glenelg disiapkan, tujuan utama Curiosity adalah Gunung Sharp. Gunung ini menjulang 5,5 km dari Kawah Gale tempat Curiosity mendarat. Bagian kaki Gunung Sharp memiliki tanda pernah adanya air dalam bentuk cair di Mars.

Secara umum, misi Curiosity adalah membuktikan apakah air cair pernah berada di Mars, apakah Mars dapat mendukung kehidupan mikroba dan kemungkinan pendaratan di Mars di masa mendatang.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.