Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bra Penampung ASI, Solusi bagi Ibu Menyusui

Kompas.com - 25/09/2012, 16:43 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi unik, lucu namun berasal dari masalah yang umum dialami perempuan menyusui datang dari Devika Asmi Pandanwangi, siswi SMA Negeri 6 Yogyakarta. Ia membuat bra yang sekaligus dapat menampung asi.

"Kalau ibu menyusui, biasanya kan asinya menetes sendiri. Ataupun kalau misalnya bepergian atau wanita karir, atau yang kiri menyusui, yang kanan juga menetes. Ini bisa ditampung, ada cup pada branya," ungkap Devika saat ditemui Kompas.com, Selasa (25/9/2012) di jakarta.

Devika menguraikan, komponen bra penampung asi terdiri dari bra khusus ibu menyusui, cup berbahan silikon, selang dan kantung penampung. Ketika asi menetes, maka asi akan menuju ke cup dan selang hingga akhirnya ditampung di kantung.

"Asi bisa ditampung selama 4 jam. Cukup banyak yang bisa dihasilkan," katanya. Ia mengatakan, kantung telah dibuat dengan bahan khusus sehingga menjaga sterilitas asi. Devika juga menuturkan, kemampuan bra penampung asi telah diujicoba.

Menurut Devika, bra penampung asi cocok bagi perempuan menyusui yang juga aktif bekerja, mencegah asi terbuang percuma saat beraktifitas. Meski demikian, beberapa penyempurnaan perlu dilakukan. Kantung penampung harus diupayakan berasal dari bahan khusus yang memang dapat menjaga kualitas asi. Cup dan selang perlu didesain sehingga nyaman dipakai pengguna.

Devika adalah finalis lomba National Young Inventors Awards ke 5 yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan AJB Bumiputera. Ia memamerkan prototipe karyanya dalam pameran di gedung LIPI gatot Subroto, Jakarta, 25-26 September 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com