Kompas.com - 25/09/2012, 16:43 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi unik, lucu namun berasal dari masalah yang umum dialami perempuan menyusui datang dari Devika Asmi Pandanwangi, siswi SMA Negeri 6 Yogyakarta. Ia membuat bra yang sekaligus dapat menampung asi.

"Kalau ibu menyusui, biasanya kan asinya menetes sendiri. Ataupun kalau misalnya bepergian atau wanita karir, atau yang kiri menyusui, yang kanan juga menetes. Ini bisa ditampung, ada cup pada branya," ungkap Devika saat ditemui Kompas.com, Selasa (25/9/2012) di jakarta.

Devika menguraikan, komponen bra penampung asi terdiri dari bra khusus ibu menyusui, cup berbahan silikon, selang dan kantung penampung. Ketika asi menetes, maka asi akan menuju ke cup dan selang hingga akhirnya ditampung di kantung.

"Asi bisa ditampung selama 4 jam. Cukup banyak yang bisa dihasilkan," katanya. Ia mengatakan, kantung telah dibuat dengan bahan khusus sehingga menjaga sterilitas asi. Devika juga menuturkan, kemampuan bra penampung asi telah diujicoba.

Menurut Devika, bra penampung asi cocok bagi perempuan menyusui yang juga aktif bekerja, mencegah asi terbuang percuma saat beraktifitas. Meski demikian, beberapa penyempurnaan perlu dilakukan. Kantung penampung harus diupayakan berasal dari bahan khusus yang memang dapat menjaga kualitas asi. Cup dan selang perlu didesain sehingga nyaman dipakai pengguna.

Devika adalah finalis lomba National Young Inventors Awards ke 5 yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan AJB Bumiputera. Ia memamerkan prototipe karyanya dalam pameran di gedung LIPI gatot Subroto, Jakarta, 25-26 September 2012.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X