Kompas.com - 14/09/2012, 10:14 WIB
EditorDini

T:
Dok, anak saya umurnya sudah 4 bulan, tetapi ia kurang lancar BAB. BAB-nya hanya setiap 3 hari atau 4 hari, sehingga tinjanya agak keras dan berwarna hijau. Makanan apa yang kira-kira bisa membuat BAB-nya lebih lancar? (Juliati, 25)

J:
Dear Juliati,
Bayi usia 4 bulan seharusnya masih mendapatkan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Jadi makanan tambahan dari luar belum diberikan. Oleh karena itu bayi hanya mengandalkan makanan yang dimakan oleh ibu. Jangan lupa pula untuk selalu memberikan air putih setiap kali selesai menyusui agar konsistensi feces tidak terlalu keras.

Selain itu ibu bisa juga membiasakan bayi melakukan BAB setiap pagi agar terbentuk suatu kebiasaan yang baik setiap harinya. Jika ibu sudah melakukan semuanya, namun bayi masih susah BAB, maka tidak ada salahnya memeriksakan anak pada dokter spesialis anak yang ada di kota Anda.

Namun jika bayi tidak mendapatkan ASI lagi saat ini, maka makanan yang bisa diberikan pada bayi usia 4 bulan hanyalah susu pengganti ASI, biskuit bayi, dan sari buah. Adapun jenis buah yang dapat diberikan seperti jeruk baby, pepaya, melon, semangka, dan lain sebagainya. Juga jangan lupa tetap memberikan air putih setiap kali sehabis makan atau minum susu….

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.