Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurobike 2012: "Surga" Sepeda

Kompas.com - 14/09/2012, 03:48 WIB

”Mau ikut ’test ride’ juga?” kata petugas ”press relation” Eurobike 2012 saat ”Kompas” melaporkan kehadiran diri di arena pameran sepeda terbesar di dunia itu, Selasa (28/8), di Argenbühl, kawasan Allgäu, Jerman.

Walaupun adrenalin segera membuncah mendapat ”tantangan” itu, agak ragu juga mengingat tadinya hanya ingin meliput tanpa membawa perlengkapan bersepeda.

Namun, keraguan itu terhapus ketika sebuah jersey diberikan oleh mereka. Apalagi, ketika tiba di stan Polygon, kru pabrikan sepeda asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang mulai mendunia itu meminjamkan helm dan sarung tangan. Well, kemeja pun segera beralih rupa dengan jersey, celana jins pun tak apalah.

Sepanjang siang itu, sehari sebelum pembukaan pameran yang berlangsung 29 Agustus-1 September 2012, memang merupakan demo day alias hari mencoba semua jenis sepeda yang tersedia. Beragam trek disiapkan, mulai dari on road, cross country, hingga trail dengan berbagai tingkat kesulitan tersedia. Untuk menuju kawasan uji sepeda itu, para peserta harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit ke kawasan Argenbühl dari lokasi pameran Eurobike di kawasan Danau Constance, Friedrichshafen. Bus-bus ulang alik disediakan panitia setiap 20 menit.

Semua stan dari merek-merek sepeda terkenal dari seluruh dunia penuh sesak oleh mereka yang ingin mencoba menguji sepeda-sepeda yang baru akan beredar tahun 2013. Mereka rela mengantre. Para penguji cukup meninggalkan kartu pengenal apa saja, kemudian boleh mencoba sepeda apa saja dan sepuas mungkin. Di stan Polygon baru tengah hari sudah sekitar 50 orang yang mencoba berbagai sepeda Polygon line-up 2013, seperti Cozmic RXX (hard tail) dan Collosus SXX dengan suspensi ganda (dual suspension) untuk melahap trek cross country.

Kompas juga berkesempatan mencoba dan memacu sepeda listrik (e-bike) Flyer—pabrikan Swiss—hingga 45 km per jam.

Para penguji tidak hanya atlet sepeda, antara lain Sabine Spitz, atlet asal Jerman peraih medali emas olimpiade lalu, tetapi juga wartawan dan para penghobi sepeda yang berdatangan dari sejumlah negara. Sekitar 1.930 pengunjung—terbanyak di antara demo day tahun sebelumnya—dan 728 wartawan (dari 1.800 wartawan yang hadir asal 36 negara) berdatangan ke kawasan elok itu untuk menguji sejumlah sepeda ataupun pernak-perniknya.

Jadilah sehari saat demo day itu, kawasan dengan pemandangan indah di sekitar Allgäu, Vorarlberg, dan Appenzell Pegunungan Alpen sisi Jerman itu seperti tempat jambore sepeda. Tidak melulu trek alami yang disiapkan dengan baik oleh panitia, sebuah pumping track juga sengaja dibangun di sebuah lapangan hijau untuk menguji sepeda dan menjadi tontonan mereka yang baru saja melakukan uji sepeda.

”Demo day di Eurobike menjadi unik karena merupakan perpaduan antara pameran dagang yang penuh dengan inovasi-inovasi terbaru dan festival sepeda yang menyenangkan pengunjung,” kata Klaus Wellman, CEO Mess Friedrichsafen, penyelenggara Eurobike di kawasan dekat Danau Constance, Jerman, itu.

Terbesar di dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com