Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gegana Polda Jatim Sisir Lokasi Ledakan di Pasuruan

Kompas.com - 12/09/2012, 12:22 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUN, KOMPAS.com - Tim Penjinak Bom Gegana Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan penyisiran di lokasi ledakan bom ikan di rumah Muslimin, warga Gang Flamboyan, Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Rabu (12/9/2012).

Kegiatan itu dilakukan setelah sehari sebelumnya satu anggota Tim Labfor Polda Jatim terluka akibat serpihan bom ikan saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi yang sama.

"Ini sekaligus membersihkan lokasi dari bahan yang diduga mengandung ledakan," ujar Ajun Komisri Polisi (AKP) Teguh Santoso, Kepala Sub Detasemen (Kasubden) Jibom Gegana Polda Jatim.

Selama proses penyisiran di lokasi, tujuh aparat yang dibantu anggota Polresta Pasuruan membutuhkan waktu dua jam untuk membersihkan sisa-sisa serpihan ledakan. Sedangkan, untuk menguji bahan bom ikan, petugas juga mencoba dua kali untuk meledakkan sisa bahan bom ikan. "Tapi saya mohon maaf untuk jenis bahan dari bom ikan, saya tidak berkuasa untuk menyebutkannya," ujarnya.

Sebelum mengakhiri penyisiran, petugas menyirami lokasi agar tidak menimbulkan ledakan. Kemudian petugas mengumpulkan seluruh serpihan bom ikan ke dalam tujuh sak. "Agar tidak berbahaya, sisa serpihan ini sebaiknya dibuang ke sungai," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa ledakan pertama kalinya itu terjadi pada Selasa pekan yang lalu (4/9/2012) di rumah Muslimin. Akibat kejadian itu, istri Muslimin, Kasiani (55) tewas dan Mulyani (40) anak muslimin serta Yanti (45) tetangga Muslimin mengalami luka-luka. Tak hanya itu, pada Rabu kemarin (11/9/2012) satu anggota Tim Labfor Polda Jatim juga terluka akibat bom ikan saat melakukan olah TKP di lokasi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com