Kompas.com - 07/09/2012, 12:39 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

WASHINGTON, KOMPAS.com — Robot Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang bertugas menyelidiki lingkungan Planet Mars meninggalkan jejak unik selama perjalanan perdananya.

Curiosity mendarat pada 5 Agustus 2012 yang lalu. Salah satu misinya adalah menyelidiki komposisi tanah dan batuan Mars yang mampu mendukung kehidupan. Dalam sebulan pertama sejak pendaratan, Curiosity telah menempuh jarak 112 meter.

Jejak perjalanan perdana Curiosity berbentuk zig-zag. Jejak ini terlihat dari luar angkasa dan berhasil diabadikan oleh kamera High-Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) di wahana Mars Reconnaissance Orbiter yang mengorbit Mars.

Pada foto yang diambil, ada dua tanda berwarna biru yang menunjukkan wilayah dekat pendaratan Curiosity. Sementara Curiosity sendiri terlihat di akhir jalur. Jejak robot roda enam ini terlihat berupa garis berwarna gelap.

Manajer misi, Michael Watkins, mengatakan bahwa para insinyur gembira mengetahui "kami meninggalkan jejak di Mars yang bisa kami lihat dari orbit." Watkins menuturkan, hal itu merupakan pencapaian misi yang bisa terlihat.

Seperti dikutip AP, Kamis (6/9/2012), Watkins mengatakan bahwa semua wahana yang mendarat di Mars pernah meninggalkan jejak. Namun, jejak Curiosity istimewa sebab lebih dalam dan lebar.

Dalam beberapa hari ke depan, Curiosity akan beristirahat. Para insinyur berencana memeriksa lengan robot ini. Di lengan robot itu terdapat instrumen yang berguna untuk mengetes fisika dan kimia batuan Mars.

Setelah tes dilakukan, Curiosity berencana menuju Glenelg, destinasi baru yang merupakan tempat pertemuan tiga macam dataran. Curiosity akan memulai tes batuan Mars di sana.