8 Kecerdasan Otak Bayi

Kompas.com - 03/09/2012, 12:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Meskipun tampak mungil dan tidak berdaya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bayi memiliki kecerdasannya sendiri. Berikut adalah 9 macam kecerdasan yang dimiliki bayi sejak mereka lahir.

1. Tahu siapa "bosnya"

Sejak usia 10 bulan, bayi sudah bisa mengenali hirarki sosial dan mampu memahami siapa yang paling "berkuasa". Yang menarik, para bayi sudah mengetahui konsep tersebut bahkan sebelum mereka menguasai bahasa.

2. Membaca emosi anjing peliharaan

Bahkan sebelum mereka bisa mengucapkan kata "mama", bayi sudah mampu membaca emosi anjing peliharaan. "Emosi adalah hal pertama yang bayi pelajari dari lingkungannya," kata Ross Flom, profesor psikologi dari Brigham Young University di Utah.

3. Memahami mood dan emosi

Meski mereka belum bisa bicara, bayi sudah bisa mengetahui apakah orangtuanya sedang gembira atau sedih berdasarkan intonasi suara yang didengarnya. Kemampuan itu mereka miliki di usia 5 bulan.

4. Terlahir untuk menari

Bayi memang menyukai musik. Lebih dari itu, mereka mampu menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang mereka dengar. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, kemampuan untuk bergoyang atau menari adalah bawaan manusia sejak lahir.

5. Meniru aksi

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X