Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Kurang Mampu di UGM Dapat Sepeda

Kompas.com - 31/08/2012, 09:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memberikan bantuan lima sepeda kepada lima mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sepeda-sepeda diserahkan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Pratikno melalui orangtua lima mahasiswa tersebut pada pertemuan dengan orangtua mahasiswa baru UGM di Yogyakarta, Kamis (30/8/2012).

Kelima orangtua itu adalah Marcus Susilo, ayah dari Victor Agastya Pramudya Werdana (mahasiswa Kedokteran), Sumijo, ayah dari Evi Kartika Widiaswari (mahasisqwa Teknik Kimia), Sri Ayem, ibu dari Nurdiyanto (Psikologi), Tri Heru Sumaryadi, ayah dari Eko Nur Cahyo Pratomo (Kimia), serta Suparja, ayah dari Briyan Ahmad Suparja (Peternakan).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada orangtua mahasiswa baru yang telah memberikan kepercayaan kepada UGM untuk mendidik putra-putrinya," kata Pratikno.

Ia mengatakan, UGM akan terus menjaga komitmen untuk menyaring generasi muda yang hebat. Proses penyaringan dilakukan dengan mengutamakan kepada siswa dari keluarga sederhana yang memberikan kesempatan untuk terjadi mobilitas sosial.

"Kehidupan Indonesia cukup beragam, begitu pula mahasiswa UGM yang berasal dari berbagai latar belakang sosial. Hal itu akan menjadi warna bagi pendidkan di UGM," ujarnya.

Menurut dia, sebagai upaya untuk menyiapkan 9.753 mahasiswa baru dengan dinamika universitas, mereka diperkenalkan melalui Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2012 bertema Palapa.

"Kegiatan itu bertujuan untuk menyiapkan para mahasiswa agar nanti bisa memecahkan persoalan bangsa dengan sinergi ilmu yang berbeda-beda. Dengan semangat Sumpah Palapa UGM membiasakan agar mereka bisa berinteraksi antarilmu yang berbeda," katanya.

"Selain itu, UGM juga meningkatkan akses pendidikan bagi keluarga miskin mau pun yang berasal dari daerah terluar (perbatasan) Indonesia. UGM juga terus meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga pemberi beasiswa," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com