Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polygon Terus Memasuki Pasar Dunia

Kompas.com - 31/08/2012, 05:39 WIB

Friedrichshafen, Kompas - Pameran sepeda terbesar di dunia, Eurobike 2012, yang berlangsung di Friedrichshafen, Jerman, dibuka Rabu (29/8) hingga Sabtu. Di antara para peserta pameran itu—diikuti 1.200 peserta dari industri sepeda dan peralatannya dari 100 negara—untuk pertama kalinya Indonesia menjadi peserta melalui PT Insera Sena Polygon.

Wartawan Kompas Agus Hermawan melaporkan, selain menjadi pabrik sepeda pertama Indonesia yang berpameran di Eropa, Eurobike 2012 juga jadi debut Polygon memasuki pasar internasional dengan merek sendiri.

”Ini tahun kedua kami mengikuti Eurobike, tetapi tahun ini kami mulai memasuki pasar internasional dengan brand Polygon,” kata Direktur PT Insera Sena Polygon Ronny Lianto di Friedrichshafen, Jerman. Selama ini, PT Insera memang sudah mengekspor sepeda, tetapi dengan merek lain.

Eurobike yang digelar setiap tahun biasanya hanya diikuti oleh pabrik sepeda-pabrik sepeda dari negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Taiwan. Pabrik sepeda asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu hadir di Eurobike sebagai langkah untuk memperluas pasarnya ke pasar internasional. Sebanyak 70 persen produksi Insera diekspor dengan prioritas tujuan negara-negara Eropa. Dari produksi sepeda sebanyak 600.000 unit per tahun, 30 persen produksinya diperuntukkan bagi konsumsi nasional dengan merek Polygon.

Menurut Ronny, penetrasi pasar ke Eropa dengan merek Polygon itu sebenarnya dimulai dua tahun lalu, antara lain ke Jerman, Inggris, dan Swiss. Akan tetapi, mulai tahun ini, Polygon akan semakin memantapkan diri ke pasar Eropa karena pasar yang terbuka luas. ”PT Insera termasuk 10 besar produsen sepeda terbesar di dunia. Sejumlah merek terkenal membuat sepeda di pabrik kami,” katanya. Beberapa merek sepeda terkenal yang dibuat di pabrik yang berlokasi di Sidoarjo itu antara lain Scott, Marin, Kona, dan Raleigh. Untuk pasar regional, sepeda dengan merek Polygon lebih dahulu dikenal seperti di Malaysia, Singapura, dan Australia.

Keikutsertaan Polygon di Eurobike memberi label pada pabrik asal Sidoarjo ini sebagai pemimpin di sepeda lokal dalam hal kualitas mengingat kualitas sepeda yang berpameran di Eurobike dipastikan harus dari kelas premium. Pameran ini biasanya hanya diikuti oleh pabrik sepeda-pabrik sepeda dari negara-negara Eropa serta Amerika Serikat.

”Produk kami mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri,” ujar Soejanto Widjaja, pendiri dan pemilik PT Insera Sena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com