Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Terendah Lapisan Es Arktik

Kompas.com - 29/08/2012, 07:38 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para ilmuwan di AS mengaku terkejut dengan temuan terbaru bahwa lapisan es di kawasan Arktik di sekitar Kutub Utara telah menyusut hingga titik terendah sejak pengamatan di kawasan itu dimulai. Temuan ini menunjukkan skenario terburuk pemanasan global diduga telah terjadi.

Data terbaru dari Pusat Data Es dan Salju Nasional AS (NSIDC) dan Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Senin, menunjukkan, lapisan es di Arktik menyusut hingga hanya tersisa 4,09 juta kilometer persegi pada musim panas tahun ini. Luasan lapisan es itu diperkirakan masih akan terus menyusut mengingat musim panas masih akan berlangsung beberapa pekan lagi.

Luasan es itu melampaui rekor terendah yang tercatat pada 18 September 2007, yakni 4,17 juta kilometer persegi. Luasan es yang tercatat dalam lima hari terakhir itu juga merupakan rekor terendah sejak pemantauan lapisan es Arktik dimulai tahun 1979.

Kawasan Kutub Utara pada dasarnya adalah samudra yang membeku. Pada puncak musim dingin, lapisan es di Arktik bisa mencapai luas 15,54 juta kilometer persegi.

Menurut ilmuwan dari NSIDC, Walt Meier, kawasan tersebut kehilangan lapisan es seluas 155.000 kilometer persegi setiap tahun karena kenaikan suhu Bumi. ”Dulu lapisan es di Arktik bagaikan es batu raksasa. Bagian pinggirnya bisa meleleh, tetapi secara keseluruhan masih utuh. Namun, sekarang lapisan itu seperti remukan es. Paling tidak sebagian Arktik telah menjadi semacam es serut raksasa yang lebih mudah dan cepat meleleh,” tutur Meier.

Perubahan iklim

Penyusutan es besar-besaran tahun ini dianggap luar biasa karena tidak ada faktor iklim di luar kebiasaan yang bisa memicu pencairan es besar-besaran. Para ilmuwan langsung menunjuk pemanasan global akibat emisi gas rumah kaca sebagai pemicunya.

Ilmuwan lain dari NSIDC, Ted Scambos, mengatakan, memang ada badai yang membuat es di Arktik mencair awal bulan ini. Namun, secara umum, penyusutan lautan es secara dramatis, lapisan es yang terus menipis, dan suhu udara yang hangat hanya bisa dijelaskan sebagai gejala perubahan iklim akibat emisi gas rumah kaca.

Michael E Mann, Direktur Earth System Science Center di Penn State University, menambahkan, data terbaru ini menunjukkan skenario terburuk model perubahan iklim yang dibuat beberapa tahun lalu telah mulai terjadi. ”Ada sejumlah kawasan yang menunjukkan perubahan iklim terjadi lebih cepat dan dengan skala lebih besar daripada yang diramalkan model tersebut,” papar Mann.

Ilmuwan NASA, Waleed Abdalati, mengatakan, penyusutan ini adalah tahap awal dari hilangnya sama sekali lapisan es di Arktik pada musim panas di masa depan. ”Mengapa kita peduli? Karena es ini adalah faktor penting dalam menentukan iklim dan kondisi cuaca yang menaungi perkembangan peradaban modern selama ini,” ujar Abdalati. (AFP/AP/Reuters/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com