Kompas.com - 27/08/2012, 00:40 WIB
|
EditorBenny N Joewono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Neil Armstrong meninggal pada Sabtu (25/8/2012) pada usia 82 tahun. Kepergian Armstrong adalah suatu kesedihan di tengah kegembiraan keberhasilan robot Curiosity mendarat di Mars.

Lembaga non-profit yang mengajak masyarakat peduli dan berinovasi demi terwujudnya misi pendaratan di Mars, Explore Mars, menyatakan bahwa Neil Armstrong adalah inspirasi bagi penjelajahan angkasa.

"Ketika Neil Armstrong menapakkan kaki di permukaan Bulan, ia memenuhi mimpinya dan aspirasi orang-orang di seluruh dunia pada generasinya," ungkap Chris Carberry, Direktur Eksekutif Explore Mars.

Ada banyak cara untuk mengenang dan menghargai Neil Armstrong. Keluarga Armstrong, misalnya, mengatakan bahwa ada cara sederhana untuk menghormati, yakni dengan mengedipkan mata setiap kali melihat Bulan.

Namun bagi Explore Mars, penghargaan bagi Neil Armstrong harus nyata. Mereka mengatakan bahwa penghargaan untuk Armstrong adalah diteruskannya upaya penjelajahan manusia ke angkasa.

"Saya percaya tak ada penghargaan yang lebih baik untuk Neil Armstrong selain melanjutkan misi berjalan di benda selain Bumi, menapakkan kaki di Mars, memastikan kita melanjutkan misi penjelajahan luar angkasa yang ia mulai," kata Artemis Westenberg, Presiden Explore Mars.

"Adalah harapan kami bahwa negara dan dunia akan menghargai Armstrong dengan melanjutkan misi yang Armstrong dan Apollo mulai. Kita harus menyusun target untuk menjelajah melampaui orbit rendah Bumi dan ke Mars," katanya seperti dituliskan di situs Explore Mars, Sabtu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesaat setelah berhasil mendarat di Bulan, Armstrong mengatakan, "Ini adalah langkah kecil seorang manusia, langkah besar bagi kemanusiaan."

Westenberg mengungkapkan, "Dengan melakukan misi ke Mars, satu langkah kecil itu akan benar-benar menjadi langkah besar."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.