Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Lost in Transmission" Ucapan Neil Armstrong

Kompas.com - 26/08/2012, 17:42 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu yang bisa dikenang setelah kematian Neil Armstrong pada usia 82 tahun ialah kata-kata pertamanya saat menginjakkan kaki di Bulan. Ada satu kalimat yang sempat menjadi perdebatan.

Sesaat setelah pendaratan misi Apollo di Bulan pada tahun 1969, seperti dikutip New Yorker, Minggu (26/8/2012), Armstrong mengatakan, "That's one small step for (a) man, one giant leap for mankind."

Kalimat itu menjadi perdebatan sebab 'a' yang ada di dalam kurung sebenarnya tidak didengar manusia di Bumi. 'A' sengaja ditambahkan supaya kalimat tersebut sesuai apa yang dimaksud Armstrong.

Jika dengan 'a', kalimat berarti "Ini adalah langkah kecil seorang manusia, lompatan besar bagi kemanusiaan." Tapi, jika tanpa 'a', artinya, "Ini langkah kecil manusia, langkah besar kemanusiaan." Tanpa 'a', kalimat tak jelas artinya.

Armstrong sendiri awalnya tak yakin mengucapkan 'a'. "saya kira saya mengucapkannya. Saya tidak mendengar waktu saya mendengarkan penerimaan radio di Bumi. Jadi, saya akan senang bila anda menambahkan tanda kurung," kata Armstrong, seperti dilaporkan AP.

Namun, analisis komputer yang dilakukan oleh Peter Shann Ford, programer komputer dari Australia, pada tahun 2006 mengungkap bahwa Armstrong memang mengucapkan 'a'. Ford menganalisis gelombang suara yang diterima.

Ford menemukan gelombang suara 'a' yang hilang itu. Gelombang suara itu bertahan selama 35 milidetik, terlalu cepat untuk didengar. Roger Launius dari Smithsonian menganalisis lagi dan menemukan kebenaran hal itu.

Berkomentar tentang masalah itu, Michael Cabbage, juru bicara NASA, pada perayaan pendaratan Apollo ke 40 mengatakan, "Jika Neil Armstrong mengatakan ada 'a', maka ada 'a'."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com