Kompas.com - 26/08/2012, 10:01 WIB
EditorKistyarini

WASHINGTON, KOMPAS.com - Edwin "Buzz" Aldrin dan Michael Collins, menyatakan penghormatan mereka atas talenta serta pencapaian Neil Armstrong yang meninggal di Ohio, Sabtu (25/8/2012). Armstrong merupakan komandan misi Apollo 11.

"Setiap kali saya memandang Bulan, saya teringat ketika lebih dari empat dekade lalu, ketika saya menyadari bahwa meskipun kami berada jauh dari Bumi, kami tidak sendiri," kata Aldrin dalam penyataannya.

"Secara kasat mata, seluruh dunia bersama kami dalam perjalanan itu. Saya tahu, saya dan jutaan orang lain berduka cita atas meninggalnya pahlawan sejati Amerika dan pilot terbaik yang saya kenal," lanjut Aldrin.

Kemarin, keluarga Armstrong mengumumkan orang pertama yang menjejakkan kaki di bulan itu meninggal dunia akibat komplikasi menyusul operasi kardiovaskular. Neil Armstrong mangkat di usia 82 tahun.

Aldrin berharap, dia, Armstrong, dan Collins bisa berkumpul pada 2019 untuk perayaan 50 tahun misi Apollo 11. "Sayangnya, itu tidak akan terjadi. Yang jelas, semangat Neil hadir di sana," lanjutnya.

Duka cita yang sama diungkapkan Michael Collins. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis NASA, Collins mengatakan, "Dia yang terbaik, dan saya akan sangat merindukannya."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.