Kompas.com - 26/08/2012, 07:51 WIB
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyanjung mendiang Neil Armstrong, manusia pertama yang menjejakkan kaki di bulan.

Seperti diberitakan, Neil Armstong meninggal dunia di Ohio, Sabtu (25/8/2012), menyusul komplikasi pascaoperasi kardiovaskular beberapa waktu lalu. Armstrong wafat di usia 82 tahun.

"Neil merupakan salah satu pahlawan terbesar Amerika - tidak hanya pada masanya, tapi sepanjang masa," kata Obama melalui sebuah pernyataan yang dirilis Gedung Putih, Sabtu.

Obama menegaskan, Armstrong dan para astronot lain yang mengangkasa di dalam Apollo 11 pada 1969, membawa serta aspirasi seluruh bangsa (Amerika).

"Mereka mengangkasa untuk menunjukkan pada dunia bahwa semangat Amerika jauh melampaui yang sepertinya tak terbayangkan - hal itu dengan dorongan dan kecerdasan - apapun menjadi mungkin. Dan ketika Neil menginjakkan kaki di permukaan bulan untuk kali pertama, dia menunjukkan momen prestasi manusia yang tidak akan terlupakan," kata Obama.

Presiden Obama mengatakan, "semangat penemuan" Armstrong terus hidup sampai hari ini di dalam diri semua lelaki dan perempuan yang mengabdikan hidup mereka untuk menjelajah sesuatu yang belum dikenal.

"Warisan itu akan bertahan. Dinyalakan orang seseorang yang telah mengajarkan pada kita kekuatan hebat dari sebuah langkah kecil."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.