Kompas.com - 25/08/2012, 05:14 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

MONTREAL, KOMPAS.com - Pencarian partikel Higgs atau partikel Tuhan menuai antusiasme dari beberapa kalangan. Salah satu bukti antusiasme adalah upaya menciptakan komposisi musik ataupun parodi yang terkait partikel Higgs.

Tim Blais dari McGill University di Montreal, Kanada, misalnya, membuat parodi musik tentang partikel Higgs dengan judul "Rolling in the Higgs", plesetan dari lagu Adele, "Rolling in the Deep". Videonya di Youtube sudah dilihat 7000 orang dalam 5 hari.

"There's a collider under Geneva, reaching new energies that we've never achieved before," demikian lirik parodi musik milik Blais. Artinya, "Ada penumbuk di bawah Jenewa, mencapai energi yang tak pernah dicapai sebelumnya."

"Finally we can see with this machine a brand new data peak of 125 GeV," demikian lirik lainnya. Artinya, "Akhirnya kita bisa melihat dengan mesin ini data 125 GeV." GeV ialah singkatan dari Gigaelectrovolt, satuan dari massa partikel.

Dalam video, tampak bahwa Blais mengambil semua peran, mulai penyanyi utama hingga pengiring yang mengeluarkan suara dari tenggorokannya. Parodi musik itu dipersiapkan dalam waktu 60 jam.

"Saya terkejut melihat respon yang diberikan orang," katanya seperti dikutip AFP, Jumat (24/8/2012).

"Seorang pelajar dari Spanyol mengatakan pada saya, supervisornya mengungkapkan bahwa video ini satu-satunya hal bagus yang dihasilkan dari penemuan partikel Higgs sejauh ini," papar Blais.

Video Blais menyusul video rap Kate McAlpine dari Michigan State University yang bercerita soal misi Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN). Video bertajuk "Large Hadron Rap" itu dilihat oleh 7,4 juta orang sejak Juli 2008.

Jika Blais dan McAlpine membuat video, maka Domenico Vicinanza perusahaan riset teknologi DANTE di Edinburgh mengubah data-data dalam eksperimen Large Hadron Collider di CERN menjadi suara.

Diberitakan AFP, suara dari data eksperimen ternyata mirip musik gamelan dari Indonesia.

Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.