Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curiosity Siap Menuju Gunung Sharp di Mars

Kompas.com - 23/08/2012, 17:32 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Curiosity telah lulus uji kemudi yang dilakukan pada rabu (22/8/2012) kemarin. Kini, robot beroda enam yang mendarat di kawah Gale, Mars, pada 5 Agustus 2012 lalu itu siap menuju tujuan utamanya, Gunung Sharp.

Gunung Sharp adalah gunung yang menjulang dari tengah kawah Gale. Gunung tersebut memiliki ketinggian 5,5 kilometer.

Di saat awal pendaratannya di planet merah, Curiosity, yang berbiaya 2,5 miliar dollar AS itu sempat mengirimkan citra gunung tersebut.

Seperti diberitakan AP, kemarin, Perjalanan Curiosity ke Gunung Sharp akan segera direncanakan namun tak akan dilakukan sebelum akhir tahun ini. Sebagai persiapan, Curiosity akan lebih dulu menuju wilayah dekat lokasi pendaratannya, disebut Glenelg.

Glenelg ialah lokasi dataran berjarak 400 meter dari tempat pendaratan Curiosity. Wilayah ini ialah pertemuan tiga macam lahan, yaitu batuan dasar yang cocok untuk pengeboran, lahan yang memiliki banyak kawah kecil yang bisa jadi tanda umur yang lebih tua serta batuan dasar yang terpapar saat pendaratan Curiosity.

Curiosity akan berangkat menuju Glenelg dalam seminggu ke depan bila seluruh proses pengujian yang masih akan dilakukan berjalan lancar. Perjalanan Curiosity ke Glenelg paling lama memakan waktu 2 bulan, tergantung jumlah pemberhentian yang diambil.

Diberitakan Space.com kemarin, Curiosity sebenarnya didesain mampu menempuh jarak 100 meter atau sepanjang lapangan sepakbola dalam satu hari Mars.

Satu hari mars lebih panjang dibanding Bumi, selisihnya sekitar 39 menit 35 detik. Namun, untuk sampai kecepatan itu, Curiosity masih butuh waktu.

Curiosity dikirim ke Mars untuk meneliti permukaan Mars serta kemungkinan lingkungan mars mendukung kehidupan mikroba. Selain itu, Curiosity juga bertugas menyelidiki kemungkinan melakukan pendaratan di Mars di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com