Kompas.com - 21/08/2012, 15:19 WIB
|
EditorKistyarini

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Robot Curiosity yang diutus Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA untuk menyelidiki Mars "diregangkan ototnya" pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), .

"Peregangan otot" ini adalah yang pertama dialami Curiosity sejak peluncurannya pada November 2011 lalu. Insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA adalah yang bertanggungjawab pada proses ini.

Tentu saja, peregangan otot di sini tak berarti harafiah sebab Curiosity tak punya otot. Disebut peregangan karena  lengan Curiosity dibuka, direntangkan lalu ditekuk kembali, mirip peregangan otot manusia sebelum olahraga.

Langkah peregangan itu dilakukan NASA untuk melakukan tes dan mengkalibrasi lengan sepanjang 2,13 meter berikut peralatan pengebor, sekop, spektrometer dan kamera.

Seperti diberitakan AP, Selasa (21/8/2012), peregangan itu ialah "tes kesehatan" biasa yang dijalani Curiosity sejak mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 lalu.

Peralatan yang dicek kali ini berguna untuk mengambil koleksi tanah Mars. Pengambilan dilakukan untuk mengetahui apakah Mars meruupakan habitat potensial bagi mikroba.

Curiosity sendiri mengemban misi yang cukup banyak. Salah satunya juga menyelidiki kemungkinan astronot untuk mendarat di Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.