Kompas.com - 21/08/2012, 15:19 WIB
|
EditorKistyarini

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Robot Curiosity yang diutus Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA untuk menyelidiki Mars "diregangkan ototnya" pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), .

"Peregangan otot" ini adalah yang pertama dialami Curiosity sejak peluncurannya pada November 2011 lalu. Insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA adalah yang bertanggungjawab pada proses ini.

Tentu saja, peregangan otot di sini tak berarti harafiah sebab Curiosity tak punya otot. Disebut peregangan karena  lengan Curiosity dibuka, direntangkan lalu ditekuk kembali, mirip peregangan otot manusia sebelum olahraga.

Langkah peregangan itu dilakukan NASA untuk melakukan tes dan mengkalibrasi lengan sepanjang 2,13 meter berikut peralatan pengebor, sekop, spektrometer dan kamera.

Seperti diberitakan AP, Selasa (21/8/2012), peregangan itu ialah "tes kesehatan" biasa yang dijalani Curiosity sejak mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 lalu.

Peralatan yang dicek kali ini berguna untuk mengambil koleksi tanah Mars. Pengambilan dilakukan untuk mengetahui apakah Mars meruupakan habitat potensial bagi mikroba.

Curiosity sendiri mengemban misi yang cukup banyak. Salah satunya juga menyelidiki kemungkinan astronot untuk mendarat di Mars.