Kompas.com - 21/08/2012, 05:32 WIB
EditorA. Wisnubrata

PASADENA, KOMPAS.com — Wahana pendarat milik NASA, rover Curiosity, untuk pertama kalinya mengarahkan penembak lasernya ke sebuah batu di Planet Mars. Robot beroda enam itu menembak untuk keperluan penelitian dan ilmu pengetahuan.

Saat melakukan uji coba sasaran pada hari Senin waktu Indonesia, Curiosity menembakkan 30 gelombang pada sebuah batu di dekatnya dalam kurun waktu 10 detik, dan membuat sebuah lubang kecil.

Satu tembakan laser dari instrumen Chemical and Camera Curiosity, atau ChemCam, berlangsung selama lima per satu miliar detik, tetapi berkekuatan lebih dari satu juta watt, cukup untuk mengubah batuan padat menjadi plasma cair terionisasi.

Tiga spektrometer dalam perangkat kemudian mempelajari bunga api dari tembakan laser pada 6.144 panjang gelombang yang berbeda dari sinar ultraviolet, sinar tampak, dan inframerah untuk menentukan komposisi dari batu yang menguap karena tembakan.

Menurut NASA, hasil awal percobaan ini menunjukkan instrumen bekerja dengan baik. Data dari tes menunjukkan, ChemCam bahkan menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada saat dilakukan uji coba di Bumi.

Sejak mendarat di Kawah Gale dua pekan lalu, Curiosity telah mencoba berbagai instrumennya, termasuk laser. Selama dua tahun misinya, Curiosity akan menembakkan laser ke berbagai batuan seiring perjalanannya menuju Mount Sharp, gunung setinggi 4,8 kilometer dari lantai kawah.

Tujuan misinya adalah untuk mencari tahu apakah lingkungan Mars pernah memungkinkan untuk dihuni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam beberapa hari ke depan, pengendali di Bumi akan memerintahkan Curiosity untuk menggerakkan rodanya dan mencoba perjalanan pendek pertama.

Misi senilai 2,5 miliar dollar AS ini adalah proyek Mars paling mahal sejauh ini.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.