Kompas.com - 15/08/2012, 19:37 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Robot Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA telah sukses mendarat di Mars tanggal 5 Agustus 2012 lalu. Robot tersebut juga telah mengirimkan sejumlah foto permukaan planet merah.

Beberapa foto yang dikirim antara lain foto bayangannya sendiri di Mars dan foto pemandangan permukaan Mars. Foto yang dikirim, tak bisa dipungkiri, memang indah. Namun, keindahannya masih sulit dinikmati kebanyakan orang.

Pengembang web dan panografer Andrew Bodrov mengubah foto panorama Mars hasil jepretan Curiosity menjadi panorama interaktif. Penikmat web bisa merasakan seolah-olah berada di Curiosity dan menjadi sopir yang menggerakkan robot itu sesuka hati.

Panorama interaktif tersebut bisa dibuka di situs web blog.360cities.net. Atau, untuk mempermudah, Kompas.com juga menyisipkan panorama di bawah artikel berikut.

Dengan penggerakkan wahana di panorama 360 derajat interaktif tersebut, pengguna bisa melihat bahwa panorama Mars hampir seperti gurun pasir. Pengguna bisa melihat detail bayangan Curiosity ataupun bergerak laksana sedang berbalap.

Panorama Mars ini hanyalah salah satu panorama yang dikembangkan Andrew Bordov. Sebelumnya, Bordrov juga telah mengembangkan panorama Sphinx di Mesir dan Red Square di Moskow.

Curiosity mengemban misi strategis di Mars. Robot beroda enam ini diminta menggali lingkungan Mars, menyelediki molekul kehidupan Mars yang bisa menjadi petunjuk adanya kehidupan di planet merah itu di masa lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Curiosity juga berperan menyelidiki kemungkinan pendaratan manusia di Mars di masa yang akan datang. Akhir minggu lalu, perangkat lunak wahana ini baru saja dipdate.


Curiosity rover: Martian solar day 2 in New Mexico



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.