Khawatir Satelit Hilang? Diasuransikan Saja...

Kompas.com - 11/08/2012, 20:26 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com -- Rencana Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk menerbangkan satelit buatan mereka, A2, pada tahun 2013 dibayang-bayangi kekhawatiran mengalami nasib serupa seperti satelit Telkom-3 yang dikabarkan hilang.

Namun demikian, mereka tidak terlalu merisaukan dampak kerugian finansial bila hal itu benar-benar terjadi. "Tinggal diasuransikan saja," kata Kepala Lapan, Bambang Setiawan Tejakusuma, Sabtu (11/8/2012) di Bandung, Jawa Barat.

Dia mengatakan, asuransi adalah hal yang lumrah untuk mengantisipasi kejadian seperti dialami satelit Telkom-3, yang hilang saat hendak mengorbit. Berkaca dari kasus Telkom yang ditumpangkan pada peluncur milik Rusia, padahal mereka sudah memiliki pengalaman tentang antariksa jauh lebih lama.

Satelit A2 milik Lapan, akan ditumpangkan ke roket yang diluncurkan di India tahun 2013 mendatang.

Bambang mengatakan, yang bisa dilakukan pihaknya saat ini adalah menjamin bahwa satelit mereka bakal berfungsi begitu berada di luar angkasa. Oleh karena itu mereka terus menjalankan pemeriksaan, seperti getaran hingga gravitasi nol.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X