Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modul Pendarat NASA Terbakar

Kompas.com - 11/08/2012, 03:20 WIB

CAPE CANAVERAL, KAMIS - Hanya beberapa hari setelah sukses mendaratkan kendaraan penjelajah Curiosity di permukaan planet Mars, Badan Luar Angkasa dan Aeronautika AS gagal menguji coba modul pendarat terbarunya di Cape Canaveral, Florida, Kamis (9/8).

Modul pendarat Morpheus, yang dirancang sebagai wahana pengirim kargo ke permukaan bulan atau planet lain, terbakar dan meledak saat menjalani uji terbang di Pusat Luar Angkasa Kennedy di Cape Canaveral.

Ini adalah uji terbang pertama modul itu tanpa dibantu tali penahan. Modul berbentuk seperti laba-laba itu sempat terbang beberapa meter di atas permukaan tanah, sebelum tiba-tiba miring dan jatuh ke landasan kemudian terbakar dan meledak.

Juru bicara NASA, Lisa Malone, mengatakan, tak ada korban jiwa atau terluka dalam insiden itu. Namun, wahana yang telah menghabiskan dana pengembangan sekitar 7 juta dollar AS itu dinyatakan hancur total.

”Kegagalan seperti ini sudah diantisipasi sebelum uji coba dan menjadi bagian dari proses pengembangan sebuah wahana luar angkasa yang kompleks,” ungkap NASA dalam pernyataan resminya.

Morpheus adalah wujud ambisi NASA membuat wahana luar angkasa yang berbiaya murah, ramah lingkungan, dan dikembangkan bersama mitra-mitra baru di dunia industri luar angkasa. Alih-alih membuat rekayasa teknis yang sama sekali baru, Morpheus dirakit dari barang-barang yang tersedia di pasar.

Modul seberat 794 kilogram ini dirancang mampu membawa kargo seberat 500 kilogram ke permukaan bulan, kemudian kembali lagi ke bumi.(REuters/AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com