Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2012, 10:58 WIB

TANYA :

Dear konselor AIMI, Alhamdulillah saya saat ini sedang hamil anak kedua dengan usia kehamilan 35 minggu. Akan tetapi, saya agak kebingungan dengan kehamilan yang sekarang, pasalnya ASI saya kok belum keluar ya hingga memasuki 35 minggu padahal payudara sudah saya bersihkan, kondisi ini berbeda pada saat saya hamil anak pertama di minggu ke-28 ASI saya sudah mulai menetes tanpa saya payudara dibersihkan. Bagaimana cara mempersiapkan payudara untuk memproduksi ASI agar pada saat melahirkan sudah keluar lancar ya? Terima kasih. 

(Ummi Fatih, 30, Semarang)

JAWAB :
 
Dear Ummi Fatih,

Memang, Air Susu Ibu sudah mulai diproduksi secara kecil (kolostrum) sejak kehamilan trimester kedua, tetapi bukan berarti harus menetes-menetes saat kehamilan.

Nanti, begitu bayi dan berikut plasenta lahir, tubuh tidak lagi menghasilkan hormon kehamilan seperti progesteron. Dan tubuh ibu akan segera meningkatkan produksi ASI dalam 48-72 jam pasca persalinan.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) minimal 1 jam dan dilanjutkan dengan rawat gabung 24 jam membuat payudara terus menerus mendapatkan rangsangan dari hisapan bayi sehingga ASI dapat lancar diproduksi.

Semoga lancar persalinan dan menyusuinya ya ummi :)

Andriana Chaizir, Ketua AIMI Jawa Barat dan Konselor Menyusui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com